Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

PA F-Hanura Damai : Peningkatan Pendidikan Karakter Bangsa

 
22 Agustus 2014

DPRD Jatim Online (Jumat; 22/08)

Suara Indrapura : Fraksi Hanura Damai berpandangan bahwa nilai urgensi dari Raperda tentang penyelenggaraan sistem pendidikan yang diusulkan Komisi E sangat tinggi. Karena hal ini dilandasi dengan tujuan untuk mempercepat tercapainya angka partisipasi minimum yang mana angka di Jawa Timur masih rendah, tandas Ir. M. Syamsul Arifin.

Juru bicara F-Hanura Damai menegaskan, secara substansial Perda ini dapat dilihat dari visi Pemerintah Provinsi Jatim yaitu, terwujudnya Jawa Timur yang makmur dan berakhlak dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun diperlukan peningkatan kualitas pendidikan masyarakat secara memadai sehingga secara tidak langsung akan berdampak pada kualitas kehidupan yang diharapkan melalui pembangunan masyarakat yang dilakukan pemerintah,  terangnya.

Akan tetapi, lanjut Syamsul Arifin, fraksinya memahami substansi dari Perda ini. Sehingga perlu diletakkan pada tujuan mewujudkan pembangunan Jawa Timur dalam jangka panjang. Melalui strategi pokok pembangunan yakni, pembangunan berpusat pada rakyat, pembangunan yang pro-poor, pembangunan yang pro gender, pembangunan yang pro-job dan, pembangunan yang pro-environment.

Oleh karena itu, Fraksi Hanura Damai sependapat dengan Komisi E sebagai pengusul Raperda. Dimana keberadaan Perda ini bisa menampung berbagai keunggulan daerah yang sampai saat ini belum mampu dilakukan berdasarkan aturan yang ada. Selain itu faktor urgensi lainnya dari Perda ini adalah pentingnya mendorong peningkatan pendidikan karakter bangsa yang masih dirasakan mulai menyimpang dari cita-cita Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Perda ini harus memiliki dasar hukum yang kuat dengan berisi 7 UU, 10 PP, 1 Permendagri, dan 4 Perda Provinsi Jatim,” harapnya. (rofik)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved