Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pansus Pulau Galang Tuding BPN Gresik “Tanggung Jawab”

 
29 Agustus 2014

DPRD Jatim Online (Jumat; 29/08)

Suara Indrapura : Jelang masa purna anggota DPRD Jatim usai, Pansus Pulau Galang membuktikan nyalinya dengan menuding BPN Gresik harus bertanggung jawab terhadap sengketa kepemilikan sertifikat yang diterbitkan untuk keperluan pribadi yang mengarah pada kepentingan industri. Padahal, terang Ibrahim Adib selaku anggota Pansus Pulau Galang menjelaskan, bahwa berdasarkan kunjungan kerja maupun konsultasi dan koordinasi terkait Pulau Galang semestinya posisi keberadaan Pulau Galang berada di wilayah Pemerintah Kota Surabaya. Akan tetapi faktanya justru BPN Gresik yang terbukti telah mengeluarkan sertifikat lahan di area Pulau Galang dan itu merupakan perbuatan melanggar hukum karena lahan tersebut merupakan lahan konservasi yang berguna untuk menjaga kelangsungan pelestarian alam, tandas Adib.

Oleh sebab itu, karena sertifikat yang diterbitkan oleh BPN Gresik dan akta jual beli Pulau Galang mengandung cacat hukum dan dianggap tidak sah. Maka Pansus Pulau Galang mendesak kepada Pemerintah Provinsi Jatim dalam hal ini Gubernur Soekarwo untuk memerintahkan PT Gantari Sandya Mitra selaku pemilik serifikat segera membongkar kembali reklamasi yang dilakukan. “Apabila perintah tersebut tidak diindahkan maka Gubernur harus melakukan pembongkaran paksa,” terang anggota Pansus asal (F-PPP) DPRD Jatim ini.

Ditambahkan Ibrahim Adib, Gubernur harus melakukan pengkajian secara hukum terhadap sertifikat tanah Pulau Galang. Melakukan pengajuan pencabutan sertifikat hak milik atas tanah Pulau Galang yang dimiliki oleh perorangan kepada BPN pusat  serta melakukan mediasi antara Pemkot Surabaya dengan Pemkab Gresik tentang batas wilayah yang disengketakan, pungkasnya. (rofik)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved