Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Tingkatkan Fungsi Pengawasan dan Program untuk Kepentingan Rakyat

 
05 Agustus 2014

DPRD Jatim Online (Selasa; 05/08)

Suara Indrapura : Untuk menghasilkan Peraturan Daerah (Perda) yang bermanfaat dan benar-benar menghasilkan kualitas yang baik bagi masyarakat di Jawa Timur, maka  kedepan anggota DPRD Jatim periode baru, diharapkan agar lebih mengutamakan program dari masyarakat dan juga lebih ditingkatkan untuk pengawasan.

“Yang paling penting adalah pengawasan. Selama ini Dewan kurang maksimal dalam mengawasi kinerja eksekutif. Akibatnya, banyak kebijakan-kebijakan Pemprov yang justru tidak berpihak pada rakyat” ujar  Anggota DPRD Jatim RB Zainal Arifin, SH, M.Hum.

Selanjutnya RB. Zainal Arifin  juga melihat, perda yang dihasilkan kurang berjalan optimal. "Karena itu tadi, pengawasan Dewan lemah. Perda kita kebanyakan gagal karena perda dijadikan seperti proyek," ujarnnya.

Selain itu juga pihaknya juga meminta kepada anggota DPRD yang baru tetap mengutamakan fungs,i tugas anggota Dewan tetap melekat yaitu tiga fungsi dalam menilai kinerja eksekutif. Pertama sebagai fungsi legislasi, kontroling dan budgeting.

“Artinya bila seorang anggota Dewan mampu menggunakan fungsinya secara maksimal maka dipastikan seluruh kebijakan yang diputuskan bersama eksekutif terkait program pembangunan di masyarakat akan membawa manfaat besar dan berjalan secara optimal,” paparnya RB. Zainal Arifin.

Ketua Badan Legislasi DPRD Jatim ini, mencontohkan  dalam membuat salah satu Peraturan Daerah harus tetap mengutamakan program dari rakyat jangan hanya kepentingan pribadi anggota Dewan masing-masing. “Soal produk hukum yang dihasilkan oleh DPRD Jatim bersama Pemprov Jatim harus kandas ditengah jalan karena tidak sesuai produk hukum pemerintah pusat yang dihasilkan oleh DPR RI. Maka dari itu dalam membuat peraturan daerah atau aturan lain harus disesuaikan dengan pemerintah pusat,” tegas RB. Zainal Arifin.

Pria Kelahiran Sumenep,  2 September 1965 ini berharap anggota DPRD Jatim ke depan yang terpilih dalam Pileg 2014, agar nantinya bekerja lebih giat dan mengutamakan kepentingan rakyat. “Kami minta anggota Dewan baru tetap mengutamakan kepentingan rakyat, ini karena anggota Dewan ini dipilih oleh rakyat, jangan sia-siakan rakyat yang telah mendukung anggota Dewan tersebut,” pungkasnya. (Nurul) 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved