Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Perda Perfilman Disahkan, Kawal Dokumenter Jawa Timur

 
15 Agustus 2014

DPRD Jatim Online (Jumat; 15/08)

Suara Indrapura : Sepuluh fraksi DPRD Jatim akhirnya mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pembangunan dan Pemberdayaan Perfilman Jawa Timur dalam sidang paripurna, Kamis (14/8) siang. Pimpinan sidang Sirmadji mengatakan Raperda disahkan dengan rancangan keputusan menjadi peraturan daerah. "Dengan disetujui, merupakan komitmen terhadap peraturan perundang-undangan daerah," terang Sirmadji.  

Sirmadji menyampaikan pihaknya akan mencermati secara sunguh-sunguh, karena Jawa Timur memiliki kekayaan sumber daya alam, wisata, sejarah, kultural hingga tradisi keagamaan yang sangat besar untuk dieksplorasi menjadi sebuah bagi aktivitas pembuatan karya kreatif di bidang perfilm-an. Politisi asal PDI Perjuangan ini, juga menandaskan perlunya mengkritisi dan krusial terhadap perkembangan sosial masyarakat Jawa Timur. "Sebagai bagian dari aktivitas, maka kreatifitas dibidang perfilm-an sangat berkembang dalam waktu kedepan," terang Sirmadji.

Sementara itu, Gubernur Jatim, Soekarwo menyampaikan Raperda ini, merupakan usulan dewan jatim. Soekarwo mengatakan, dengan film informasi yang didapat dari belahan dunia laim. Dengan cerita film, mampu mengubah cara pandang dan mempersatukan komitmen masyarakat. "Dari produksi film, di dominasi oleh cerita dan teknologi yang tidak diharapkan. Untuk itu, perlu diatur langkah pemberdayaan film untuk mengangkat usaha perfilm-an lokal," terang Soekarwo.

Untuk itu, peran serta masyarakat dalam perfilman di Jatim sangat dibutuhkan dengan muatan lokal. Dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri, lanjut dia.
Dikatakan Soekarwo, di era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi saat ini, menjadi hubungan antar manusia tidak lagi dibatasi wilayah dan kewenangan administrasi, dengan teknologi informasi semua terbatas ruang dapat tembus, semua informasi dapat diperoleh dengan cepat kejadian dibelahan bumi yang lain dalam hitungan detik dapaat diterima dan diakses oleh hampir semua penduduk dunia. 
"Sebab salah satu informasi yang mudah menarik perhatian adalaah informasi yang dikemas dalam bentuk pertunukan khusus film. Sebab Film merupakan sarana yang cukup hebat menyebarkan opini dan pengaruh banyak orang, baik bersifat posisitf maupun negatif," kata Soekarwo. (Bintang)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved