Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Tema Pendidikan Berdasarkan Minat-Bakat

 
21 Agustus 2014

DPRD Jatim Online (Kamis; 21/08)

Suara Indrapura : Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Sistem Pendidikan di Jawa Timur menjadi usulan insiatif DPRD Jatim. Dipastikan produk terakhir Perda tersebut, akan mengawal kepentingan pendidikan masyarakat di Jawa Timur.

Sebab selama ini, permasalahan yang menjadi tema pembahasan adalah penyelenggaraan pendidikan khusus berdasarkan minat, berdasarkan bakat, berdasarkan ketrampilan serta prestasi khusus. Selain itu, pendidikan harus membawa kearifan lokal atau muatan daerah pada sektor pendidikan perlu digali secara spesifik. Antara lain, kearifan lokal bisang seni budaya pedalangan, kerawitan, serta seni tari tradisional.

Pimpinan Paripurna, Sirmadji menyampaikan kepentingan kearifan lokal bukan hanya terbatas pada bidang seni budaya, melainkan juga kearifan lokal berbasis sumberdaya kekayaan dan kesuburan alam. Sirmadji mencontohkan, keunggulan Jawa Timur pada sektor pertanian komoditas tembakau, tebu, cabe dan bawang merah. “Manakala keunggulan kesuburan alam ini tidak dapat dihadirkan  dalam sektor pendidikan, tentu akan membawa manfaat lebih besar untuk mewujudkan kesejahteraan petani,” terang Sirmadji.

Lebih lanjut Sirmadji mengatakan, kearifan lokal perlu diakomodir sebagaimana saran gubernur adalah muatan pengaturan tentang bencana, narkoba dan anti korupsi. “Walaupun sejak awal kearifan lokal telah tercantum dalam Rancangan Perda,” terang dia.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved