Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Bangga Melihat Rakyat Jatim Sejahtera

 
12 Agustus 2014

DPRD Jatim Online (Selasa; 12/08)

Suara Indrapura : H. Imam Sunardhi adalah salah satu dari sederet politikus yang sukses di segala bidang. Awal meniti karier, Imam dibesarkan di ranah militer (masuk Akademi Angkatan laut) pada tahun 1961 dan lulus tahun 1965. Setelah pangkat Letnan Dua disandangnya, sosok kelahiran Malang ini terus melejit bak anak panah yang lepas dari tali busurnya.  Peningkatan pendidikan tidak luput dari programnya, dengan mengikuti program pasca sarjana di bidang ilmu pelayaran, nama Imam Sunardhi kian melekat di bidang armada perkapalan. Seiring perjalanan waktu dunia pelayaran tidak asing baginya.  Suami  Elok Cahyani ini tergolong memiliki semangat tinggi, tidak memandang sebelah mata dalam menangani suatu pekerjaan.

Demikian halnya pengalaman dan pengabdian besar menjadi Ketua DPRD Jawa Timur periode 2009-2014 membuat H Imam Sunardhi bangga. Bersama-sama seluruh anggota DPRD Jatim dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo – Wakil Gubernur H Saifullah Yusuf, perlahan-lahan kesejahteraan rakyat Jawa Timur mengalami perbaikan yang pesat. Kompaknya DPRD Jatim dan Eksekutif dalam membangun Provinsi dengan penduduk sekitar 37 juta jiwa hasilnya bisa dirasakan rakyat banyak. Meski tidak menutup adanya kritik maupun bidang yang belum 100 persen berhasil. “Positifnya selama saya di DPRD Jawa Timur bersama teman-teman 100 anggota Dewan di sini kompak. Perdebatan yang sulit, apalagi sampai memicu perpecahan tidak pernah terjadi,” kata Imam Sunardhi.

Saling mengisi, kata Sunardhi, itulah kerjasama DPRD dengan eksekutif dalam hal ini Gubernur Soekarwo positif sekali. Semua masalah cepat terputuskan dengan baik. Hasilnya kita lihat bersama, bahwa Jatim dibandingkan dengan Provinsi lain termasuk nasional cukup menonjol. Utamanya bidang ekonomi, bidang keamanan dan sebagainya. Ini berkat koordinasi yang berjalan dengan baik. Begitu juga kerjasama dengan aparat hukum seperti Kodam, Pangarmatim Kepolisian Daerah maupun Pengadilan dan KejaksaanTinggi.“Sehingga lima tahun ini terhindar dari hal-hal negatif. Kalaupun ada kejadian di daerah, cepat ketahuan dan cepat tertangani,” tandasnya.

Selama berkiprah di DPRD Jatim lima tahun, sangat terlihat kerjasama dengan Kabupaten/Kota juga relatif bagus sekali. Termasuk pertumbuhan ekonomi di daerah berjalan beriringan.“Yang saya anggap kurang itu adalah lapangan kerja yang pertumbuhannya relatif lambat. Banyak investasi tapi tidak diimbangi dengan kesiapan sumber daya manusia, sehingga penyerapan tenaga kerja tidak maksimal,” Papar beliau.

“Alternatif melihat penyerapan tenaga kerja yang kurang maksimal yaitu dengan pesatnya pertumbuhan Koperasi dan UMKM yang mampu meningkatkan kesejahteraan di sector riil. Ini bagus karena kita tidak bisa terhindar dari persaingan global apalagi saat ini menghadapi pasar bebas dan AEC (Asean Economic Community). Kalau ekonomi kerakyatan kuat, maka kita mampu menghadapi persaingan dari mana saja,” ujar mantan Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur ini.

Harapan Imam Sunardhi, kedepan bisa berlanjut pada periode mendatang. “Semoga yang akan datang, dengan situasi politik yang berubah tidak berdampak padahal-hal yang negatif. Tapi justru menambah tingkat keberhasilan Jawa Timur dan kesejahteraan rakyat semakin bertambah,” pungkas beliau.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved