Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Kebangkitan Semangat Reformasi

 
25 Agustus 2014

DPRD Jatim Online (Senin; 25/08)

Suara Indrapura : H. Abdul Halim Iskandar, M.Pd anggota dewan yang terkesan simpatik ini menyatakan perkembangan peran legislatif akhir-akhir ini mengalami banyak perubahan. Jika diurut sejak menjadi Ketua DPRD Jombang  periode 1999-2004, hingga Wakil Ketua DPRD Jatim periode 2009-2014 ada yang meningkat dan menurun. Khususnya dalam hal Sumber Daya Manusia (SDM) dan semangat reformasi.

“Ketika saya menjadi Ketua DPRD Jombang itu awal reformasi, sampai hari ini yang meningkat itu misalnya sumber daya manusia semakin bagus dan semakin siap memposisikan sebagai fungsi representasi. Tapi dari semangat reformasi turun,” terang Halim.

Ketua DPW PKB Jawa Timur ini mengatakan, pada awal reformasi hampir 70% anggota DPRD punya komitmen untuk mencermati semua hal terkait kebijakan pemerintahan. “Sampai periode 2004-2009 masih bagus meski sedikit turun, nah 2009-2014 ini yang saya rasa agak mengalami penurunant, semangat reformasi ini perlu dikembalikan,” kata Halim.

Hal ini dapat dilihat dari fungsi legislasi serta kinerja yang kurang begitu mencermati kebijakan pemerintah dan tidak mengimbangi cepatnya perkembangan teknologi berbasis kerakyatan.  “Selama ini kerja bareng 100 anggota Dewan dan Eksekutif sudah berjalan baik, hanya perlu ditingkatkan lagi pada periode yang akan datang,” ujarnya.

Untuk itu, agar masa mendatang hal-hal  yang kurang dapat teratasi, diharapkan anggota Dewan periode mendatang harus ada perbaikan. Apa yang menjadi target untuk kinerja anggota DPRD pada masa akan datang adalah peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan  kinerja dalam melaksankan  tugas pokok dan fungsi Dewan. “Kalau Dewan melakukan hal itu secara optimal, fungsi legislasinya dengan sendirinya berjalan bagus, tidak ada lagi perda yang mandul atau tumpang tindih. Saya yakin permasalahan-permasalahan bisa teratasi,” terangnya.

Bukan hanya masalah produktifitasnya perda kata Halim, melainkan harus juga kualitas dari  Perda  dan berlaku efektif.“Nah kita harapkan periode yang akan datang,  perda yang lama dicermati, kalau  perlu direvisi yang tidak berguna diperbaharui. Hal ini untuk menghindari banyak perdata tapi hanya 40% yang implementatif,” terang pria kelahiran Jombang ini.

Hal tersebut dapat diperbaiki mulai dari perencanaan, musyawarah, pengalokasian anggaran, implementasi sampai pada laporan, agar  peran Dewan  lebih bagus lagi. Karena fungsi kontroling DPRD dalam ranah politik, bukan control  kepada Eksekutif.“Contohnya pembangunan jalan, kita tidak bicara tentang spek memenuhi atau tidak. Itu bukan wilayah kita.Tapi lebih pada, apa benefit dari proyek tersebut untuk masyarakat,” pungkasnya. 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved