Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Perbaiki Lingkungan

 
28 Agustus 2014

DPRD Jatim Online (Kamis; 28/08)

Suara Indrapura : Sejak tahun 1971 sampai saat ini, Dr. H.M. Soenarjo, M.Si politikus yang masih aktif dan setia bergabung dalam Partai Golkar. Mulai beliau menjabat sebagai anggota hingga menjadi Ketua DPD Partai Golkar Jawa Timur tahun 2004-2009. Selain itu beliau juga dipercaya menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Provinsi Jawa Timur tahun 2009-2014. Karier dan eksistensi beliau bukan hanya sebagai politikus namun beliau juga melakoni profesi sebagai seniman yaitu yang namanya sudah melalng-lang buana sebagai dalang kondang yang sangat terkenal.

Pria berkacamata ini menjadi anggota Dewan dari dapil V yaitu meliputi daerah Kab/Kota Malang dan Kota Batu. Sebagian besar dapil V merupakan wilayah pegunungan. Pembangunan wilayah dalam beberapa tahun terakhir sudah mulai mengancam keberlangsungan lingkungan. Pembangunan wilayah tidak berdasarkan sustainable development. Pembangunan dilakukan hanya atas orientasi keuntungan saja tidak memikirkan keberlanjutan lingkungan.

Soenarjo, Wakil Ketua DPRD Jatim mengatakan, banyaknya pembangunan tanpa memperhatikan lingkungan, mulai menganggu kebutuhan akan sumber mata air. Oleh karenanya, beliau berharap agar pemerintah tetap konsentrasi melakukan perbaikan lingkungan.

“Sebab untuk mengembalikan sumber mata air, dirinya mendesak upaya perbaikan lingkungan turut melibatkan masyarakat lokal. Kondisi ini, dilakukan agar masyarakat ikut melakukan pengawasan terhadap lingkungan mereka,” kata Soenarjo.

Sebab lingkungan akan menjadi sarana penting bagi terjaganya sumber mata air. Dimana dalam beberapa tahun belakangan ini, di wilanyah Kab/Kota Malang, Kota Batu sudah banyak sumber mata air yang surut. Kondisi ini, terjadi karena banyak lahan hutan yang mulai gundul. Jika tetap dibiarkan, maka wilayah yang menjadi sumber mata air akan habis, akibatnya krisis kekeringan akan mengancam wilayah Malang.

Selain itu, lanjut mantan Wakil Gubernur Jatim ini dengan dilibatkannya masyarakat lokal akan mendapatkan tambahan sumber penghasilan, karena turut dilibatkan dalam pengelolaan wilayah sumber mata air. “Diantaranya, masyarakat diberikan kesempatan mengelola lahan yang menjadi konsentasi reboisasi. Dengan begitu ada timbal balik yang didapat  masyarakat dengan mengelola lahan yang dijadikan reboisasi,” tandas Soenarjo.

Politisi yang juga dalang wayang kulit ini, menyampaikan selain keluhan masyarakat terkait ancaman matinya mata air. Soenarjo juga mendesak pemerintah setempat berkonsentrasi meningkatkan pelayanan pembangunan di sejumlah wilayah tertinggal. Soenarjo mencatat ada beberapa daerah atau wilayah yang memerlukan sentuhan program pemerintah lebih cepat. “Ada beberapa wilayah yang perlu dilakukan perbaikan pembangunan, karena memang daerah ini masih tertinggal,” tandas Soenarjo.

Malang Raya sebagai wilayah penghasil holtikuktura, daerah wisata, Soenarjo berharap lingkungan di Malang tetap terjaga secara optimal. Sehingga lingkungan yang tetap terjaga menjadi daya tarik wisata. 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved