Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Ke Depan BK Harus Mampu Tegakan Kode Etik

 
21 Agustus 2014

DPRD Jatim Online (Kamis; 21/08)

Suara Indrapura : Tidak ingin citra DPRD Jatim periode 2014-2019 terpuruk seperti sebelumnya, sudah saatnya keberadaan Badan Kehormatan (BK) mawas diri. Dimana BK harus mampu menegakan kode etik dan memberikan sanksi tegas kepada anggotanya yang absen saat rapat paripurna. Begitupula dengan anggota dewan yang melakukan pelanggaran moral sudah saat dicopot sebagai wakil rakyat.

Ketua ABKASI (Asosiasi Badan Kehormatan Seluruh Indonesia) Jatim, Kodrat Sunyoto menegaskan, selama ini posisi BK kurang tegas. Dimana setiap rekomendasi yang dibuat dan dilaporkan ke pimpinan dewan kurang ditanggapi. “Karena itu saya berharap kondisi BK ke depan harus lebih baik. Dimana harus ada kontrak politik antara Ketua Fraksi dan BK. Artinya jika ada anggotanya yang melakukan kesalahan sesuai tatib dan UU yang ada. Maka fraksi harus tunduk dan patuh dengan keputusan yang dibuat BK dengan ditandatangani oleh Pimpinan DPRD Jatim tentunya dengan disertai bukti-bukti otentik,” tegas politisi asal Partai Golkar Jatim ini.

Kodrat menambahkan seorang yang siap maju menjadi wakil rakyat seharusnya memberikan contoh bagi rakyatnya yang akan dipimpin. “Bukan sebaliknya, baru diangkat jadi anggota dewan kemudian bermalas-malasan. Lalu bagaimana mereka bisa menjadi wakil rakyat yang mampu memperjuangkan aspirasi rakyat yang memilihnya.”

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved