Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Raperda Pemberdayaan Pembangunan Perfilman Disahkan

 
14 Agustus 2014

DPRD Jatim Online (Kamis; 14/08)

Suara Indrapura : Setelah sempat terjadi tarik ulur dan pendapat pendapat di kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jatim terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pemberdayan Pembangunan Perfilman di Jatim, akhirnya  sepuluh Fraksi di DPRD Jatim menyetujui dan mengesahkan Raperda itu menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Juru Bicara Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB) Jatim, H Sholeh Hayat di rapat paripurna DPRD Jatim, Kamis (14/8) mengatakan pihak Fraksi PKB Jatim menyetujui Raperda tersebut menjadi Perda. ”Dengan disahkan perda tersebut diharapkan dapat mengangkat potensi dunia perfilman di Jatim ke pentas yang lebih tinggi,” ujarnya.

Lebih lanjut pihaknya mengatakan setelah disahkan Perda tersebut pihaknya juga meminta kepada pihak pemerintah agar segera membentuk badan perfilman daerah, karena dengan dibentuknya badan perfilman ini merupakan salah satu bentuk penguatan peran serta masyarakat dalam pembangunan dan pemberdayaan perfilman di Jatim. Pihaknya juga menambahkan dengan dibentuknya Badan Perfilman Daerah ini nanti memiliki tugas pokok yaitu pertama menyelenggarakan festival film, yang kedua mempromosikan Jatim sebagai lokasi pembuatan film, yang ketiga memberikan masukan kepada pemerintah daerah untuk pembangunan dan pemberdayaan film di Jatim, dan empat memberikan penghargaan kepada hasil karya perfilman.

Sementara itu Juru bicara Fraksi Partai Demokrat Jatim, Dra Nanik Widowati menyatakan bahwa Fraksi Partai Demokrat mendukung dan menyetujui Raperda Pemberdayaan Pembangunan Perfilman di Jatim menjadi Perda. Namun pihaknya menyatakan ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan pertama dalam Perda ini nanti harus benar-benar mengangkat potensi perfilman di Jatim. Kedua yaitu dengan adanya Perda Perfilman ini menunjukan kesiapan Pemerintah Provinsi Jatim dalam memperbaiki perfilman di Jatim seperti dengan mengembangkan konten lokal di Jatim untuk dikembangkan sebagai kebutuhan penguatan masyarakat perfilman di Jatim.

“Dengan adanya perda film ini semakin meneguhkan komitmen Jatim dalam pembangunan dan pemberdayaan perfilman di Jatim,“ tegasnya.

Selain itu juga pihaknya berharap agar Perda ini juga bisa mengatur tentang hak kekayaan intelektual atau Haki seperti hak cipta agar kedepannya tidak terjadi masalah pembajakan oleh pihak lain.

Gubernur Jatim, H Soekarwo mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan di DPRD Jatim yang telah membahas, dan menyetujui Perda tersebut. “Diharapkan Perda ini dapat dilaksanakan sesuai harapan kita semua, dan Perda ini tidak hanya menjadi aturan di atas kertas semata, tapi Perda tersebut dapat memberikan kontribusi yang nyata kepada pembangunan daerah, serta kehidupan masyarakat di Provinsi Jatim, khususnya tentang perkembangan dan pemberdayaan film di Jatim," ujarnya.

Ia menambahkan Perda ini disahkan dimaksud untuk mendorong tumbuhnya perfilman di Jatim khususnya film-film yang berkaitan dengan muatan lokal Jatim berupa budaya dan sejarah Jatim dalam bentuk film-film dokumenter. Selain itu juga dengan adanya Perda ini juga berdampak positif bagi pelaku dan pengusaha perfilman. Sehingga tidak semuanya harus berbondong-bondong ke Jakarta cukup membuat film di Jatim juga bagus dengan adanya keindahan pariwisata di Jatim. 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved