Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

DPRD Jatim Harapkan APBD 2015 Meningkat 15%

 
21 Agustus 2014

DPRD Jatim Online (Kamis; 21/08)

Suara Indrapura :  Badan Anggaran DPRD Jatim saat ini  bersama Pemprov Jatim  muali membahas bersama kebijakan  umum  anggaran dan plafon prioritas anggaran sementara (KUA PPAS) APBD Jatim 2015. Namun perangkaan anggaran yang akan diselesaikan anggota dewan baru nanti, diharapkan naik dari tahun sebelumnya setidaknya 15%. Sejumlah wakil rakyat mempredikssi kenaikan pada APBD 2015 berkisar antara 10 hingga 15 persen dibanding pada APBD 2014 murni sebesar Rp16 triliun.

Anggota Badan Anggaran DPRD Jatim, Ahmad Iskandar mengatakan selama ini PAD  Jatim masih banyak bertumpu di sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor). Tapi di sisi lain dari pihak kepolisian menyatakan jika jumlah kendaraan yang ada sudah overload dibanding dengan volume jalan.

“Karenanya masalah ini harus segera dicarikan solusi agar PAD Jatim tidak semakin drop. Diantaranya dengan mendata serta menagih sejumlah kendaraan yang melakukan tunggakan lewat cara jemput bola. Selain itu, ada koordinasi antara Pemprov Jatim dan pihak kepolisian terkait semakin meningkatnya jumlah kendaraan yang ada jalan raya,” tegas Iskandar.

Kondisi ini bertambah parah dengan kebijakan pusat menghapus subsidi  bahan bakar solar. Maka otomatis akan berpengaruh pada meningkatnya subsidi ongkos angkut.  Mengingat hampir seluruh angkutan hasil pertanian di  Jatim  menggunakan bahan bakar solar. Maka otomatis Pemprov Jatim bersama DPRD Jatim memberikan alokasi tambahan pada sektor ini di APBD Jatim. “Secara otomatis kami yang duduk di badan anggaran akan memberikan tambahan anggaran untuk ongkos angkot. Mengingat kebijakan ini sangat penting untuk menstabilkan harga produk pertanian di pasaran. Di sisi lain untuk tetap mempertahankan Jatim sebagai wilayah surplus, tegas pria yang juga  Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim.

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved