Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Revolusi Hijau Agar Pertanian Maju

 
01 September 2014

DPRD Jatim Online (Senin; 01/09)

Suara Indrapura : Melihat kondisi lahan pertanian saat ini khususnya di daerah Jember bisa di bilang memprihatinkan. Pasalnya banyak lahan pertanian di Jember yang terlantar dan tanaman pun tidak bisa menjadi produktif, ucap anggota DPRD Jatim asal Partai Nasdem.

Moh. Eksan, politisi yang maju dari dapil IV (Jember-Lumajang) menegaskan, dalam beberapa pekan ini banyak petani sambat terkait kelangkaan pupuk dan ini sangat memprihatinkan. Karena sejauh ini belum ada kebijakan baik dari Pemda setempat maupun Pemprov Jatim untuk mengatasi krisis pupuk ini.

Dijelaskan Eksan, dipasaran Jember harga pupuk bersubsidi per 50 kg, yang seharusnya mencapai 90 ribu saat ini telah melambung mencapai 135 ribu. Akan tetapi meski mahal, ternyata juga tidak mudah mendapatkan di lapangan. Pemda setempat telah berupaya untuk menambah kuota namun kenyataanya sampai saat ini tidak dilakukan, terang mantan komisioner KPUD Jember.

Oleh karena itu menurut M. Eksan, jika ingin pertanian kita maju maka kita harus lakukan Revolusi Hijau. Dimana kita tidak hanya bergantung pada produk tanaman organik tapi juga non organik. Selain itu peran perguruan tinggi juga harus terlihat dengan berbagai hasil penelitiannya. Tetapi itu semua kebijakan Pemerintah yang harus pro kepada petani dan juga anggaran yang cukup, terang Moh. Eksan.(rofik)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved