Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Balegda Jadi Bapem, Perda Prolegda Jadi Propem Perda

 
10 November 2014

DPRD Jatim Online (Senin; 10/11)

Suara Indrapura : Sebagian alat kelengkapan DPRD Jatim Timur akan berubah nama untuk menyesuaikan dengan Peraturan Perundang-Undangan di atasnya. Perubahan itu terjadi pada Badan Legislasi Daerah (Balegda), berubah nama menjadi Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapem Perda) mengacu pada Pasal 409 ayat (1) huruf d Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Ketua Bapem Perda DPRD Jawa Timur, Ahmad Heri mengatakan bahwa istilah Alat Kelengkapan Dewan, Badan Legislasi Daerah (Balegda) pada periode 2014-2019 diubah nama menjadi Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapem Perda).  Begitu juga dengan Program Legislasi Daerah (Prolegda) diubah nama menjadi Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propem Perda).  " Ini untuk menyesuaikan dengan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah," jelas Heri saat dikonfirmasi Selasa (4/11) kemarin.

Untuk mensosialisasikan istilah baru tersebut, kata politisi asal Partai NasDem, pihaknya juga sudah mengirim surat kepada pimpinan DPRD Jatim Timur untuk diumumkan melalui rapat paripurna.

"Mudah-mudahan istilah baru tersebut segera diumumkan dalam rapat paripurna DPRD Jatim mendatang supaya dapat diketahui seluruh anggota," harap mantan wakil sekretaris PWNU Jatim.

Diakui Heri, salah satu pertimbangan perubahan nama alat kelengkapan DPRD adalah untuk menyesuaikan dengan tugas pokok dan fungsi kewenangan dari anggota DPRD. Istilah legislasi hanya diperuntukkan untuk DPR RI, mengingat DPR RI memiliki kewenangan membuat Undang-Undang. Sedangkan untuk tingkat DPRD hanya diberi kewenangan membuat peraturan daerah turunan dari Undang-Undang. "Kalau mengacu pada kewenangan, memang istilah baru itu lebih baik tapi  kedengarannya masih agak asing," pungkasnya. (bintang)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved