Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Dewan Butuhkan Dana Tugas Tiga Staf Ahli

 
23 September 2014

DPRD Jatim Online (Selasa; 23/09)

Suara Indrapura : Ketua Pansus Tatib Dewan, Freddy Purnomo mengaku jika penambahan staf ahli dari satu menjadi tiga di setiap fraksi masih menjadi usulan dan masih dalam pembahasan. Namun terlepas dari itu semua, staf ahli sangat dibutuhkan  karena tidak semua anggota dewan yang menguasai masalah keuangan seperti dalam APBD, berikut soal hukum dan pemerintahan. Karena itu diperlukan staf ahli tiga orang yang mampu menguasai jalurnya masing-masing.

“Jujur dalam periode lalu, kami anggota dewan sering mengalami kedodoran saat membaca Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) atau APBD serta terkait pajak dan perbankan. Berikut terkait dengan hukum dan pemerintahan. Mengaca pada permasalahan lalu, maka kami sangat setuju jika ada penambahan staf ahli disetiap fraksi,’’ tegasnya.

Terkait soal anggarannya, Freddy mengaku tak tahu menahu, karena semua ada yang mengurusnya. Tapi yang jelas untuk memilih siapa saja orang yang dipercaya menjadi staf ahli tergantung dari fraksi masing-masing. Namun yang jelas yang bersangkutan merupakan orang professional dan menguasai ilmu yang dimilikinya.

Hal senada juga diungkapkan KetuaFGerindra Jatim, Halim. Dikatakannya sebelum fraksi mengusulkan penambahan staf ahli, semuanya sudah diusulkan ke Depdagri. Alhasilnya, Depdagri tidak mempermalahkan asalkan tidak melanggar aturan yang ada serta tidak membebani APBD. ‘’Sudah kita konsultasikan ke Depdagri, ternyata tidak ada masalah sepanjang aturan yang ada tidak membatasi.  Dan kebetulan hampir seluruh fraksi menyetujui tambahan staf ahli tersebut,’’papar Halim.

Menurutnya, apa yang dilakukan DPRD Jatim sangat wajar. Mengingat di DPR RI saja setiap anggota memiliki lima staf ahli dan dua ajudan. Dimana semuanya dibiayai dari APBN. Sementara di DPRD Jatim dibutuhkan tiga staf ahli itupun untuk bekerja di fraksi. ‘’Jadi saya kira hal itu masih dalam tahap wajar. Dengan begitu kedepannya kita bisa mengawasi kinerja eksekutif  yang notabene memiliki ilmu semuanya. Sementara dewan hanya lima tahunan sehingga tak dapat disalahkan jika tidak bisa maksimal dalam mengimbangi kinerja eksekutif tanpa bantuan dari staf ahli,’’lanjut alumnus Universitas Wijaya Kusuma (UWK) ini. cty

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved