Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Paripurna Penetapan Pimpinan Definitif Terancam Tertunda Dua Kali

 
18 September 2014

DPRD Jatim Online (Kamis; 18/09)

Suara Indrapura : Rapat paripurna dengan agenda penetapan pimpinan DPRD Jatim definitive yang rencananya digelar Sabtu lusa (20/9) dipastikan mengalami penundaan untuk kedua kalinya. Kabarnya hingga hari ini (Kamis 18/9) DPP PDIP belum mengirimkan nama yang akan duduk diposisi Wakil Ketua DPRD Jatim. Kalau ini dibiarkan berlarut-larut dipastikan akan mengganggu penetapan Pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan serta pembahasan RAPBD 2015.

Ketua DPRD Jatim Sementara, Abd. Halim Iskandar mengakui jika hingga detik ini belum ada surat dari PDIP terkait siapa nama yang akan duduk di kursi Wakil Ketua DPRD Jatim dari FPDIP. Karenanya jika sampai hari Jum’at belum ada keputusan, maka dipastikan paripurna dengan agenda penetapan pimpinan DPRD Jatim ditunda alias tidak digelar.

“Secara pribadi saya sudah melakukan komunikasi dengan Pak Sirmadji (Ketua DPD PDIP Jatim) dan Pak Kusnadi (Sekretaris PDIP Jatim) terkait pengisian kursi Wakil Ketua DPRD Jatim dan mereka menyatakan siap. Kalau pun kemudian hingga detik ini belum ada tanda-tanda, itu murni urusan di internal PDIP. Tapi paling tidak, masalah ini segera selesai sehingga tidak menganggu tahapan yang lain,” tegas pria yang juga Ketua DPW PKB Jatim ini, Kamis (18/9).

Menurut kakak Menakertrans, Muhaimin Iskandar ini  jika pimpinan sementara tidak boleh mengambil kebijakan terkait regulasi.  Yang ada hanya sebatas mengesahkan fraksi, mengusulkan penetapan pimpinan definitive dan membentuk Pansus Tatib. Selebihnya tidak boleh. Kalau sudah begitu maka ada tahapan yang akan mundur, mulai pengesahan tatib dewan, pengesahan komisidan alat kelengkapan dewan serta pembahasan RAPBD 2015.

“Yang jelas ada tahapan yang agak mundur. Seperti tatib dewan yang seharusnya selesai pada akhir September dipastikan molor. Begitupula pada awal Oktober yang diharapkan bisa running untuk pembahasan komisi dan alat kelengkapan dewan dan dilanjutkan dengan pembahasan RAPBD Jatim 2015 terancam ikut molor,’’ lanjut Gus Halim-panggilan akrab A. Halim Iskandar. cty

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved