Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Marak Sengketa Pilkada Dewan Panggil KPUD

 
17 September 2014

DPRD Jatim Online (Rabu; 17/09)

Suara Indrapura : Maraknya sengketa Pilkada yang berujung pada Mahkamah Konstitusi (MK), agaknya menggugah anggota dewan untuk dapat memanggil KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah). Karenanya dalam tatib dewan yang dibahas saat ini memasukan klausul tentang kewenangan dewan untuk memanggil KPUD Jatim untuk mempertanggungjawabkan pelaksanaan Pilgub di Jatim. Alasannya, karena didalamnya menyangkut penggunaan dana APBD.

Anggota Pansus Tatib DPRD Jatim, Kodrat Sunyoto menegaskan sebenarnya pemanggilan KPUD oleh dewan sudah ada di dalam tatib lama. Dan sekarang ini hanya dilakukan sedikit perbaikan khususnya di Pasal 3. Dimana di sana dipertegas pertanggungjawaban KPUD terkait penggunaan APBD. Selain dewan nantinya bisa meminta klarifikasi jika ada sengketa Pilkada.

“Memang dalam pembahasan tatib dewan yang baru, salah satunya pasalnya menegaskan dewan berhak memanggil KPUD terkait dengan penggunaan APBD dalam setiap pelaksanaan Pilkada untuk daerah, dan kalau di Jatim terkait dengan pelaksanaan Pilgub,” papar politisi dari Partai Golkar Jatim ini, Selasa (16/9).

Ke depan nantinya KPUD tidak saja bicara soal kecurangan saja, tapi juga terkait pengelolaan anggaran. Mengingat penggunaan dana APBD untuk setiap pelaksanaan Pilkada jumlahnya cukup besar. Untuk Pilgub Jatim pada 2013 lalu misalnya dana yang terserap dari APBD Jatim mencapai Rp800 juta. Dan ini tentunya perlu dipertanggungjawabkan termasuk jika nantinya terjadi sengketa Pilkada. Ungkap Kodrat. cty

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved