Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pansus Setuju UU Pilkada Tak Langsung Dimasukan Tatib

 
29 September 2014

DPRD Jatim Online (Senin; 29/09)

Suara Indrapura :  Disahkannya UU Pemilukada tentang Pilkada tak langsung ternyata berimbas pada pembahasan tatib dewan. Rencananya UU tersebut  dimasukkan dalam klausul pemilihan Gubernur Jatim. Termasuk masalah pemilihan Wakil Gubernur apakah dari PNS atau parpol.

Ketua Pansus Tatib DPRD Jatim, Freddy Purnomo menegaskan, jika ada keinginan sebagian anggota pansus agar UU Pemilukada dimasukan dalam tatib dewan. Ini karena dalam pasal 5 menyebutkan terkait pemilihan dan kewenangan gubernur. Namun karena posisi UU tersebut belum diberi nomor dan belum ditandatangani oleh Presiden RI, Susilo B. Yudhoyono. Maka disepakati agar UU Pilkada jangan dimasukan dulu dalam pansus tatib sebagai cantholan.

“Yang pasti dalam rapat pansus tatib sudah disepakati jika untuk sementara untuk pasal Kepala Daerah dipilih oleh DPRD menunggu nomor dan tandatangan dari pak SBY. Dan bila keduanya sudah ada maka akan dilakukan revisi terhadap pansus dewan. Alhamdulillah hampir semua anggota pansus menyepakatinya. Termasuk soal wagub yang dalam UU tersebut ternyata dipilih oleh Gubernur,” tegas Freddy.

Bagaimana jika presiden menolak  tanda tangan?  Menurut politisi asal Partai Golkar ini, jika sesuai aturan bila UU tersebut melebihi masa 30 hari namun belum juga mendapatkan tanda tangan, maka sesuai aturan UU tersebut sudah dinyatakan sah demi hukum. “Kalau sudah begitu kita di daerah wajib memasukan klausul tersebut ke dalam tatib dewan,” paparnya.

Selain itu, pansus Tatib berencana akan melakukan konsultasi ke Depdagri terkait dengan UU Pemilukada tak langsung. Hal ini penting, jangan sampai setelah pansus tatib dewan sudah disahkan oleh pimpoinan dewan tidak sesuai dengan aturan. "Khusus untuk ke Depdagri bisa dilakukan setelah pelantikan pimpinan dewan definitif," paparnya. tri

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved