Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Anik Legislator Debutan Yang Fokus Pada Kesetaraan Gender

 
05 September 2014

DPRD Jatim Online (Jumat; 05/09)

Suara Indrapura : Hampir separuh anggota DPRD Jatim periode 2014-2019 adalah anggota baru, salah satunya adalah Anik Maslachah dari Fraksi PKB. Anik yang merupakan mantan anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo dua periode ketika berhasil terpilih di DPRD Jawa Timur sering mengadakan pertemuan-pertemuan dengan LSM perempuan maupun kelompok pengajian ibu-ibu di wilayah Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya yang merupakan dapilnya. “Saya punya opsisi besar saya Jatim harus ada Perda pengarustamakan gender,” ujar dia ketika ditemui di ruang Fraksi PKB.

Hal yang melatarbelakangi Anik untuk mendorong terwujudnya Perda tersebut selain dirinya yang merupakan seorang perempuan juga dikarenakan di tataran pusat pengarustamakan gender masih dalam Peraturan Presiden sehingga menurutnya hal tersebut belum cukup kuat untuk pengimplementasiannya. “Implikasi hanya sekedar Perpres budgeting kan tidak mengikuti,” kata dia.

Oleh karena itu, kata Anik Jawa Timur dimana perbandingan penduduknya antara jenis kelamin laki-laki dan perempuan yaitu 50% berbanding 45% sehingga diperlukan penyeimbangan strata antara laki-laki dan perempuan. “Ini kan selisihnya hanya 0,5% tapi kalau soal pendidikan, kesehatan, dan tenaga kerja perbedaannya masih sangat jauh belum seimbang. Masih belum ada pengukhusan budget,” katanya.

Untuk mewujudkan obsesinya terkait Perda tersebut maka dirinya sering menemui para LSM perempuan dan mendengarkan masukan-masukan dari ibu-ibu yang sering ditmuinya pada saat pengajian maupun daerah umum seperti pasar serta lingkungan rumah tempat tinggalnya.

Wanita asli Sidoarjo ini juga ingin memperjuangkan tentang bantuan perbaikan infrastruktur jalanan di daerah Kabupaten Sidoarjo yang menurutnya kondisinya sangat memprihatinkan karena memang sering dilewati kendaraan-kendaraan se Jawa Timur yang memiliki tonase tinggi. “Contohnya kan jalan di wilayah Waru kan banyak yang lewat situ dan cepat rusak, kalau ini dilimpahkan dana perbaikannya hanya APBD Kabupaten kan  ga cukup jadi harus dicover Provinsi,” ujarnya.

(Efa Marwa)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved