Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Konsen Tingkatkan Kesejahteraan para PKL dan UKM

 
11 April 2013

Suara Indrapura : Bagi Umar Bashor masa reses merupakan bagian terpenting untuk mengetahui kebutuhan masyarakat di daerah pilihan (dapil)nya. Sebab, bagi pria asal dapil Lumajang- Jember ini, kegiatan reses merupakan  saat yang paling longgar untuk mengetahui secara jelas kebutuhan  rayat yang diwakilinya. Sebab kegiatan reses, menurut dia merupakan  waktu  terjun langsung mendengar keluhan rakyat.
"Selama ini saya paling banyak melihat para PKL dan teman teman UKM yang perlu mendapat perhatian. Sebab dari waktu ke waktu kebutuhan atas usaha mereka  harus disesuaikan dengan trend dan kebutuhan pembeli," ungkap Umar Bashor.

Pada saat reses terdahulu,  Umar juga kosentrasi  memberikan perhatian khusus untuk PKL dan UKM."Biasanya yang dikeluhan masyarakat kreatis dibidang UKM paling banyak adalah modal usaha, dan harapan untuk penambahan alat - alat bagi para UKM," terang dia.

Terkait kebutuhan pelaku UKM dan PKL yang mayoritas usaha wong cilik ini, disampaikan Umar Bashor jika dirinya mengupayakan untuk diwujudkan usulan tersebut. " Saya bilang, untuk kebutuhan itu ya gantianlah," lanjutnya.

Lanjut Umar, dari ratusan PKL dan UKM binaannya saat ini sudah banyak bisa  menikmati hasil atas jerih payah mereka.  "Dua puluh persen diantaranya sudah mampu mandiri, jadi gantian yang lain yg sekarang kita perhatikan," jelasnya.

Sebagai anggota Legidlatif (anleg) asal dapil Lumajang, Umar menyampaikan saat ini,  banyak UKM tradisional yang sudah mendapat perhatian. Apalagi, Lumajang  sebagai daerah  penghasil pisang dan sayuran mempunyai keunggulan industri UKM berupa pengrajin kripik pisang. "Mereka inilah yang selama ini mendapat perhatian.

Selain itu nasib para PKL juga tak luput menjadi  perhatian," terang dia. Selama ini, Umar menyampaikan  kelompok masyarakat yang memiliki kreatifitas seperti ini,  sering diabaikan. Padahal,  merekalah (pengiat UKM dan pengiat PKL.red) yang justru harus mendapat priotitas lebih dari pemerintah. Sebab, pelaku PKL dan UMK, juga mampu menyerap tenaga kerja."Apa yang mereka makan adalah hasil dari jualan mereka hari ini. Meski banyak PKL dan UKM yang sudah berhasil mampu menyerap tenaga kerja, " kata pria kalem ini serius.

Bagi anggota Fraksi PDIP DPRD Jatim ini,  jika pelaku  PKL dan UMK  ada yang memperhatikan, dan melindungi mereka, maka pelaku usaha informal ini  bisa bekerja dengan tenang. "Yang terpenting,  mereka bisa mendapat  rezeki dari kreatifitas dan kelulaten," pungkasnya. Tik

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved