Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Dewan Desak Antisipasif, CAT Tak Jamin Tes CPNS Jurdil

 
07 Oktober 2014

DPRD Jatim Online (Selasa; 07/10)

Suara Indrapura : Sebanyak 750 peserta mengikuti pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemprov Jatim di Gedung Serbaguna Akademi Teknik dan Keselamatan (ATKP) Surabaya, Selasa (7/10). Mengantisipasi adanya kecurangan, DPRD Jatim mendesak agar proses tes yang terbagi dalam 5 sesi terus dilakukan pengawasan ketat, meski dalam proses tes yang dilakukan, Pemprov Jatim sudah mengunakan Computer Assited Test (CAT).

Penegasan ini, disampaikan  anggota DPRD Jatim, Achmad Heri agar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) selaku pelaksana tes penerimaan CPNS melakukan pengawasan ketat. “Pengawasan harus ketat, sehingga tidak terjadi kecurangan,” terang Ahmad Heri.

Meski, Pemprov Jatim tetap melakukan langkah antisipasi terkait kecurangan saat tes CPNS dengan  menggunakan sistem Computer Assited Test (CAT) atau sistem komputer tanpa kecurangan. Namun Heri menganggap pintu untuk melakukan kecurangan tetap saja terbuka. “Lobi-lobi untuk menitipkan orang untuk diterima tetap saja ada, makanya pengawasannya harus tetap diperketat,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Jatim Akmal Budianto mengatakan, pembagian tersebut disebabkan oleh terbatasnya jumlah komputer. “Karena komputernya itu jumlahnya hanya 150 unit,” jelasnya.

Ketika ditanya peluang kecurangan para peserta, Akmal membantahnya. Sebab, sejak tahun lalu panitia telah menggunakan sistem Computer Assited Test (CAT). “Sehingga, siapapun tidak bisa mengintervensi, karena pertanyaannya juga beda-beda untuk setiap pesertanya,” terangnya.

Tidak hanya itu, hasil tes yang dilakukan pada hari itu juga bisa langsung diketahui oleh para peserta. Tepatnya, 20 menit setelah para peserta hasil tes tersebut segera diumumkan. “Pengumumannya bisa dilihat di layar monitor yang telah kita sediakan, atau di papan pengumuman,”urainya.

Mengenai komponen yang ada di dalam tes itu, Akmal mengungkapkan terdapat 3 komponen. Di antaranya ada Tes Intelegensia (TI), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), serta Tes Kepribadian (TKP). Untuk lolos dari tes itu, nilai para peserta harus mencapai passing grade yang telah ditentukan. Sayang, Akmal belum menyebutkan nilai pasti dari passing grade tersebut. “Ya kita tunggu dulu setelah nilai dari semua peserta terkumpul,” paparnya.

Mereka yang lolos dari tes tahap pertama itu akan mengikuti tes berikutnya, yaitu tes psikologi. Para peserta itu akan diuji oleh tim dari Fakultas Psikologi Unair, dan tes itu akan diadakan di Unair. Mengenai jadwal tes tersebut, rencananya akan dilakukan mulai tanggal 27 Oktober mendatang. (bintang)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved