Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Total Raperda Masuk, Berjumlah 37 Usulan

 
03 Desember 2014

DPRD Jatim Online (Rabu; 03/12)

Suara Indrapura :  Program Legislasi Daerah Provinsi (Prolegda) Jawa Timur Tahun 2015 telah ditetapkan beberapa waktu lalu. Hal tersebut sudah sesuai dengan amanat Perda tentang pembentukan perda yang mengharuskan penetapan prolegda dilakukan sebelum APBD ditetapkan. Program Legislasi Daerah merupakan hasil koordinasi dan sinkronisasi antara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dikatakan Ahmad Heri, Ketua Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD Jatim, mengatakan dalam pembentukan peraturan daerah dapat dilakukan secara terarah, bertahap, terpadu dan efisien, efektif dan sistematis dengan mempertimbangkan kebutuhan skala prioritas kewenangan daerah berdasarkan perundang-undangan. “Dalam keadaan tertentu DPRD Jatim atau pemerintah Propinsi Jawa Timur dapat mengajukan Rencana Peraturan Daerah diluar program legislasi daerah. Dengan catatan bisa mengatasai keadaan luar biasa, keadaan konflik atau bencana alam. Termasuk menindaklanjuti kerjasama dengan pihak lain,” terang Ahmad Heri.

Politisi Partai Nasdem ini, juga menegaskan bahwa usulan Raperda yang ditetapkan dalam Raperda berjumlah 37 usulan yang terdiri dari 19 raperda usulan DPRD dan 8 usulan pemerintah provinsi. Pada masa Sidang ke-1, DPRD mengusulkan 8 raperda dan pemerintah mengusulkan 2 raperda untuk dibahas. Selanjutnya pada Masa Sidang ke-2 DPRD mengusulkan 6 Raperda dan pemerintah mengusulkan 3 raperda untuk dibahas. Terakhir, pada masa Sidang ke-3 DPRD mengusulkan 5 raperda untuk dibahas.

Raperda usulan DPRD diantaranya Rancangan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur tentang Perlindungan Petani dan Nelayan, Rancangan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2006 tentang Perseroan Terbatas (PT) Petrogas Jatim Utama, Rancangan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 6 Tahun 2012 tentang Pengelolaan dan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Tahun 2012-2032, dan Rancangan Peraturan Daerah Propinsi Jawa Timur tentang Pengelolaan Barang Daerah.

Sedangkan Raperda usulan Pemeritah diantaranya Rancangan Peraturan Daerah Propinsi Jawa Timur tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Propinsi Jawa Timur Nomor 2 Tahun 2004 tentang Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia ke Luar Negeri dan Rancangan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur tentang Pendirian PT. Jatim Infrastruktur Logistik.

Penetapan prioritas pembahasan yang kemudian ditetapkan dalam prolegda adalah Raperda yang belum sempat dibahas pada masa keanggotaan sebelumnya (warisan prolegda 2009-2014), berkaitan dengan revisi Perda, Raperda berkaitan dengan berubahnya karena peraturan yang lebih tinggi telah berubah, Raperda baru sebagai penguatan kepada hak hak rakyat dan perlindungan sosial, Raperda yang secara langsung menyentuh kepentingan rakyat untuk memulihkan dan meningkatkan kondisi kesejahteraan sosial masyarakat. (Nrl)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved