Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

KPP Jatim Semester I 2014, Total Sisa Pengaduan Dalam Proses 4,34%

 
18 September 2014

DPRD Jatim Online (Kamis; 18/09)

Suara Indrapura : Selama semester pertama Januari hingga September 2014 ini Komisi Pelayanan Publik (KPP) Jatim telah menerima 530 pengaduan pelayanan masyarakat. Dari 530 pengaduan ini KPP telah menyelesaikan 95,65 % atau 507 pengaduan selesai, dan sisanya sebanyak 23 pengaduan masih dalam proses (4,34%).

Ketua KPP Jatim, Deni Wicaksono ditemui usai acara Laporan Hasil Kinerja KPP Jatim di ruang rapat Bapeda Provinsi Jatim, Rabu (17/9) mengatakan dari 503 pengaduan tersebut masih didominasi oleh keluhan masyarakat mengenai persoalan pelayanan baik yang diberikan intansi pemerintahan maupun BUMD, dan BUMN di Jatim.

Selain BJPS yang menempati posisi tertinggi soal pengaduan, yang kedua yaitu pengaduan yang paling banyak yaitu Bupati/Walikota 107 pengaduan, posisi ketiga Desa/kelurahan 88 pengaduan, keempat kantor pertanahan 27 pengaduan, kelima Dinas Pekerjaan Umum 26 pengaduan.

Sementara itu dari sisi wilayah, sebagaimana laporan kinerja KPP, Kota Surabaya masih menduduki tempat tertinggi dalam hal pengaduan. Sebanyak 259 pengaduan yang berasal dari kota ini masuk menjadi bagian yang harus ditangani.

Selanjutnya kedua yaitu Probolinggo 101 pengaduan, Ketiga Tuban 57 pengaduan, keempat Sidoarjo 27 pengaduan, Kediri 22 pengaduan, keenam Nganjuk 17 pengaduan, Ketujuh Banyuwangi 10 pengaduan.

“Soal banyaknya pengaduan yang masuk untuk wilayah ini menunjukkan tingginya tingkat kesadaran masyarakat. Dimana saat ini masyarakat semakin sadar akan haknya dalam memperoleh kualitas pelayanan publik yang prima,”ujarnya.

Ia menambahkan untuk rekomandasi BPJS ini pihaknya berharap agar segera melakukan pembenahan dan pelaksanaan standar pelayanan secara transparan dan akuntabel baik masalah sosialisasi hingga masalah klaim pembayaran BPJS tersebut. (panca)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved