Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Tingkatkan Kualitas, Usulkan 3 Staf Ahli Fraksi

 
26 September 2014

DPRD Jatim Online (Jumat; 26/09)

Suara Indrapura : Beralasan kebutuhan dan meningkatkan kemampuan fungsi legislatif, sembilan fraksi di DPRD Jatim mengusulkan penambahan tenaga ahli. Penambahan tiga tenaga ahli tersebut, saat ini masih ddigodog dalam panitia khusus (pansusu) Tata Tertib yang bakal mengakhiri tugasnya akhir bulan September mendatang.  

Pansus Tatib DPRD Jatim mengusulkan ada  tiga staf ahli di fraksi dewan Jatim, karena merujuk kepentingan UU MD3 (MPR, DPR RI, DPRP Provinsi, DPRD Kab/kota) yang menegaskan tidak memberikan batasan terkait dengan jumlah staf ahli yang ada di fraksi.

Ketua Pansus Tatib Dewan, Freddy Purnomo menegaskan dalam UU MD3 tidak menyebut dan membatasi jumlah staf ahli di fraksi. Apalagi setelah melakukan pertemuan dengan Depdagri juga tidak mempermasalahkan dengan catatan tidak membebani APBD. Karenanya dalam pembahasan tatib dewan, sembilan fraksi mendukung keberadaan tiga staf ahli.

“Yang pasti kami dan teman-teman masih dalam komitmen semula. Apalagi keberadaan staf ahli sangat penting dan mendesak untuk menunjang kinerja kami dalam mengkritisi kinerja eksekutif," terang Fredy. 

Politisi asal Partai Golkar ini, mempertegas dengan staf ahli di setiap fraksi, diharapkan peranaan lembaga dewan akan lebih maksimal. Dirinya menilai usulan tersebut  sangat wajar, ia beralasan sesuai dengan kebutuhan dan tupoksi dewan sebagai budgeting, legislasi dan kontroling. Terkait dengan kebutuhan anggaran untuk kebutuhan staf ahli yang mencapai  Rp 3 miliar, menjadi beban APBD Jawa Timur menurut Freddy terlalu besar. Ia menyampaikann sesuai aturan untuk gaji staf ahli setara dengan S-2 antara Rp2,5 juta sampai Rp3 juta per bulan. "Artinya kalau ditotal untuk menggaji staf ahli untuk sembilan fraksi dibutuhkan sekitar Rp1 miliar pertahun," jelas dia. (Bintang).

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved