Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pansus Tatib Dewan Tunggu Putusan Depdagri

 
29 September 2014

DPRD Jatim Online (Senin; 29/09)

Suara Indrapura : Meski dalam PP 16/2010 Pasal 23 yang mengharuskan jumlah tenaga ahli di setiap fraksi hanya satu orang. Namun Pansus Tatib Dewan berharap Depdagri bisa menerima usulan Pansus Tata Tertib DPRD Jatim, terkait usulan memasukan tiga staf ahli. 

Anggota Pansus Tata Tertib, Halim dari Fraksi Partai Gerindra menyampaikan, jika usulan staf ahli tidak ada batasan, seperti halnya dalam  UU MD3 (MPR, DPR RI, DPRP Provinsi, DPRD Kab/kota), "tidak memberikan batasan terkait dengan jumlah staf ahli yang ada di fraksi," jelas dia.

Dikatakan politisi alumnus UWKS ini, sebelum fraksi mengusulkan penambahan staf ahli, semuanya sudah diusulkan ke Depdagri. Alhasilnya, Depdagri tidak mempermalahkan asalkan tidak melanggar aturan yang ada serta tidak membebani APBD. “Sudah kita konsultasikan ke Depdagri, ternyata tidak ada masalah sepanjang aturan yang ada tidak membatasi.  Dan kebetulan hampir seluruh fraksi menyetujui tambahan staf ahli tersebut,” papar Halim.  

Menurutnya, apa yang dilakukan DPRD Jatim sangat wajar. Mengingat di DPR RI saja setiap anggota memiliki lima staf ahli dan dua ajudan. Dimana semuanya dibiayai dari APBN. Sementara di DPRD Jatim dibutuhkan tiga staf ahli itupun untuk bekerja di fraksi. “Jadi saya kira hal itu masih dalam tahap wajar. Dengan begitu kedepannya kita bisa mengawasi kinerja eksekutif  yang notabene memiliki ilmu semuanya. Sementara dewan hanya lima tahunan sehingga tak dapat disalahkan jika tidak bisa maksimal dalam mengimbangi kinerja eksekutif tanpa bantuan dari staf ahli,” lanjut dia. (Bintang)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved