Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Minimalkan Kunker, Dewan Tingkatkan Pengawasan SKPD Pemprov

 
14 Januari 2015

DPRD Jatim Online (Rabu; 14/01)

Suara Indrapura : Pemangkasan anggaran terhadap hak dan kewajiban para anggota DPRD Jatim khususnya terhadap Kunjungan Kerja (Kunker) berdampak positif. Anggota DPRD Jatim periode 2014-2019 memastikan  bakal  meningkatkan pengawasan kepada sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemprov Jatim.

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD Jatim, Sahat Tua Simanjuntak mengatakan, sudah saatnya mindset (pola pikir) anggota dewan diubah. Dari yang biasanya kunker dan jarang ke kantor dewan, dengan adanya keputusan dari pusat tentunya akan rajin berada di kantor dewan. Tentunya akan terlihat fungsinya sebagai anggota dewan. Dirinya akan mengusulkan ke pimpinan dewan agar semua anggota DPRD Jatim menjalani re-oreantasi pemikiranya. “Sudah saatnya dewan saat ini  harus melakukan pengawasan dan supporting terhadap SKPD di lingkungan Pemprov Jatim, bila perlu 24 jam kita awasi terus,” ungkap Sahat kemarin.

Dijelaskan Sahat, keberadaan kunker sejatinya tidak penting untuk dilakukan oleh anggota DPRD Jatim. Optimalisasi supporting dan pengawasan lebih bermanfaat kepada SKPD. Serta memaksimalkan tugas dari anggota dewan. “Tugas dewan itu mengawasi penggunaan anggaran, bukan Kunker.” Ujarnya.

SKPD juga tidak perlu resah jika DPRD meningkatkan pengawasan anggaran. Sebab hal itu adalah tugas wajib sebagai anggota DPRD yang diatur di dalam Undang-Undang. Pengawasan itu juga bertujuan mencegah tindakan penyalahgunaan anggaran, “kalau dulu pengawasanya kurang optimal, sekarang wajib ditingkatkan. Karena anggota lebih banyak di kantor ketimbang luar provinsi,” pungkas politisi berdarah batak ini. (fafa)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved