Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Abdul Halim Komitmen Perangi Mafia Hukum

 
15 Januari 2015

DPRD Jatim Online (Kamis; 15/01)

Suara Indrapura : Ikatan Penasehat Hukum Indonesia (IPHI) Jawa Timur kini merasa prihatin. Karena kian hari semakin menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap para penegak hukum. Abdul Halim, politisi Asal Gerinda yang merupakan Wakil Ketua IPHI Jawa Timur mengungkapkan, saat ini IPHI Jatim memiliki keinginan kuat untuk memerangi segala bentuk praktik mafia hukum. “Karena kalau tidak diperangi dari sekarang, kedepanya hukum akan bisa semakin dipermainakan dengan seenaknya,” kata Halim

Salah satu cara yang dilakukan oleh IPHI Jatim untuk memerangi praktik mafia hukum adalah dengan selalu memberikan wawasan kepada seluruh anggotanya mengenai modus dari mafia hukum. Biasanya selain diberikan secara formal, kami juga saling bertukar informasi dalam diskusi-diskusi ringan  dan informal. Dengan cara itu, banyak informasi baru yang didapatkan oleh para anggota IPHI Jatim. Hasilnya pun cukup efektif, mereka mampu memenangkan sejumlah kasus di pengadilan. Dimana didalamnya juga terdapat permainan terkait mafia hukum.

Selain ingin memerangi praktik mafia hukum, Halim juga menjelaskan IPHI Jatim juga memiliki keinginan memberikan pencerdasan hukum kepada masyarakat, khususnya para kaum marjinal. Tujuanya, agar semua lapisan masyarakat menjadi melek hukum, dan tidak menjadi dominasi kalangan atas. “Tapi mungkin kami akan melakukannya secara bertahap. Karena tidak mungkin semuannya dilakukan secara sekaligus,” tutur Halim. (Nrl)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved