Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Banleg DPRD Jatim Lakukan Evaluasi Perda Jatim

 
19 Januari 2015

DPRD Jatim Online (Senin; 19/01)

Suara Indrapura : Produk Peraturan Daerah (Perda) yang menjadi usulan  DPRD Jatim maupun Pemprov Jatim, dinilai tidak semuanya efektif. Bahkan, banyak diantara produk hukum tersebut, hanya menjadi macan kertas. Padahal membuat satu produk hukum berupa Perda, APBD Jawa Timur menyiapkan anggaran hingga ratusan juta.

Tidak efektifnya peraturan daerah yang ditelorkan legislative dan eksekutif Jatim tersebut, menjadi pembahasan serius Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD Jatim. Sebab, produk hukum daerah selama 2 periode (10 tahun) terakhir nampaknya, dinilai tidak efektif atau kurang berkualitas sesuai dengan kebutuhan pelayanan di masyarakat. Banleg DPRD Jatim mengevaluasi kembali puluhan  perda produk anggota dewan periode tahun 2004 hingga 2014.

Wakil Ketua Banleg DPRD Jatim, Irwan Setiawan mengatakan, pihaknya mengawali untuk mendata Perda-Perda yang dinilai tidak efektif sehingga harus dievaluasi. Dari evaluasi tersebut Baleg akan melibatkan komisi yang membidanginya. Hal ini berdasarkan Pasal 64 Perda Jatim Nomor 1 tahun 2013 tentang pembentukan  perda. Disebutkan bahwa alat kelengkapan yang berwenang untuk melakukan evaluasi terhadap perda provinsi ialah Baleg bersama dengan Biro Hukum.

Banleg belum mengetahui secara detail jumlah Perda yang akan dievaluasi. Salah satu contoh Perda yang akan dievaluasi adalah Perda tentang pasar tradisional. Karena Perda tersebut hanya mengatur kabupaten/kota, tidak mengatur provinsi. “Kita belum tahu  berapa jumlah perda yang akan dievaluasi. Karena masih didata,” katanya.

Untuk mengetahui apakah efektif atau tidak, Banleg akan melakukan uji public dengan menghadirkan pakar yang terkait dan tenaga ahli Banleg. Jika dari hasil uji public tersebut Pperda dinilai sangat tidak efektif, maka akan dicabut. Sebaliknya, jika Perda dinilai kurang efektif, maka direvisi saja. (Nrl)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved