Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Tidak Efektif, Puluhan Perda Jatim Terancam Dicabut

 
21 Januari 2015

DPRD Jatim Online (Rabu; 21/01)

Suara Indrapura : Pembahasan peraturan daerah (Perda) oleh DPRD Jatim selama 2 periode (10 tahun) terakhir nampaknya hanya menjadi macan kertas, karena sebagian ada yang tidak efektif menjadi payung hukum. Akibatnya Badan legislasi DPRD Jawa Timur mengevaluasi kembali puluhan perda produk anggota dewan periode tahun 2004 hingga 2014.

Ketua Banleg Jatim, Achmad Heri mengakui ada sejumlah Perda lama yang tidak efektif dipertahankan sehingga diusulkan untuk dihapus atau dicabut. Namun demikian pihaknya tidak dapat menyebut satu persatu perda yang akan dicabut.

“Yang pasti saat ini sedang kami kumpulkan Perda-Perda yang dianggap tidak efektif untuk dibahas kemudian diusulkan untuk dihapus. Untuk itu, kami masih perlu mengumpulkan sejumlah data dan aturan, apakah Perda-Perda tersebut masih efektif diberlakukan untuk sekarang ini,” tegas Ahmad Heri, Rabu (14/1).

Selain Perda yang tidak efektif, juga ada sejumlah Perda lama yang diajukan direvisi pasal-pasalnya. Diantaranya Perda nomor 1/2013 tentang Pembentukan Peraturan Daerah, Perda 9/2012 tantang Bantuan Hukum Untuk Masyarakat Miskin yang digagas oleh Komisi A.  Selain Perda nomor 13/2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat Desa Dan Kelurahan.

“Khusus untuk Perda-Perda ini akan dilakukan perbaikan atau revisi, karena dipandang ada sejumlah pasal yang belum masuk di perda tersebut. Tapi yang pasti untuk tahun sidang pertama ada 10 raperda yang diajukan, dimana delapan diantaranya diusulkan legislative dan dua dari eksekutif,” ungkap politisi asal Partai Nasdem ini. cty

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved