Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Fraksi Partai Golkar : Konsep Harus Cermat

 
05 Februari 2015

DPRD Jatim Online (Kamis; 05/02)

Suara Indrapura : Menurut Partai Golkar usulan raperda menjadi prakarsa DPRD Jatim, sebelum dibahas lebih lanjut eksekutif. Karena itu, pembahasan konsep raperda hendaknya dapat dilakukan secara cermat ddaan inttensif agar kualitas Raperda yang diuuslkan DPRD tetap terjaga.

Anggota Fraksi Partai Golkar, Karimullah Dahrmujiadi menegaskan, usulan raperda memungkinkan menjadi  produk yang dilakukan pembahasan secara serius bersama unsur terkait serta Balegda. “Karena itu, seyogyanya Perda yang bersifat penjabaran UU akan lebih tepat menjadi tanggungjawab SKPD eksekutif. Sedang Perda Prakarsa DPRD akan lebih tepat apabila hasil kajian dari aspirasi masyarakat. Sehingga Raperda menjadi beban fungsional SKPD, karena SKPD lah yang lebih memiliki kemampuan dan lebih berkepentingan,” tegas dia.  

Karimullah menambahkan mengenai pentingnya partisipasi masyarakat dalam keterlibatan pembentukan peraturan daerah. Peran serta masyarakat dalam tahapan perencanaan dan masuk menjadi bagian yang tidak bisa ditinggalkan. Selain itu, perlunya sanksi terhadap pelanggar harus ditetapkan dalam perda. Adapun sanksi diberikan melalui tahapan, mulai dari peringatan lisan, tertulis hingga sanksi berat adalah pidana kurungan atau denda. (day/*)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved