Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

FPKB Nilai Wajar Wacana Pemekaran Kepulauan Sumenep Menjadi Kabupaten

 
16 Februari 2015

DPRD Jatim Online (Senin; 16/02)

Suara Indrapura : Potensi Kepulauan Sumenep dinilai sangat luar biasa. Bahkan potensi kekayaan alam satu-satunya kepulauan di ujung pulau Madura itu tak kalah dibanding dengan kabupaten Banyuwangi. Terlebih paling sedikit ada 120 pulau berpenghuni dengan jumlah penduduk mencapai satu juta orang di Kepulauan Sumenep.

Sayangnya segala potensi yang dimiliki Kepulauan Sumenep itu tak dikelola dengan baik oleh Pemkab Sumenep. Bahkan terkesan ada kesenjangan antara kabupaten Sumenep daratan dengan kepulauan. Kondisi itu mendorong wacana pemekaran kepulauan Sumenep yang saat ini berstatus kecamatan  menjadi kabupaten sendiri.

Terkait wacana itu, Badrut Tamam, Ketua Fraksi PKB DPRD Jawa Timur menilainya sebagai hal yang wajar. Sebab, masyarakat kepulauan Sumenep punya potensi yang luar biasa namun kurang mendapat perhatian dari pemkab. Anggota Dewan Jatim asal daerah pemilihan Madura ini menganggap lumrah bila masyarakat kepulauan punya aspirasi menjadi kabupaten sendiri.

"Di era otonomi daerah, wacana, pemekaran wilayah kecamatan kepulauan Sumenep menjadi kabupaten adalah suatu hal yang lumrah. Pemkab harus bijak menyikapi hal tersebu,"tutur politisi muda PKB itu, Selasa (10/2).

Orang nomor satu di FPKB Jatim itu mengungkapkan, Kepulauan Sumenep kaya akan sumber daya alam. Dirinya menyontohkan pulau Giliyang yang memiliki kader oksigen terbaik di dunia. Selain itu, pantai putih di Kepulauan tersebut yang tak kalah dengan pantai di pulau Bali. Belum lagi keberadaan makam Syeh Yusuf dan Joko Tole di Kepulauan tersebut yang menjadi magnet bagi ribuan peziarah.

"Dari wisata religi sampai wisata bahari ada di Kepulauan Sumenep. Tinggal komitmen Pemkab untuk mengelola potensi tersebut,"imbuh politisi yang akrab disapa Tamam itu.

Untuk diketahui, Kepulauan Sumenep selama ini jauh tertinggal dari wilayah daratan. Terbukti mayoritas wilayah di kepulauan belum dialiri listrik. Akses transportasi ke wilayah tersebut juga masih terbatas, karena tidak setiap hari ada kapal yang beroperasi. (panca)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved