Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Anggota Dewan Dianggap Serba Bisa

 
23 Februari 2015

DPRD Jatim Online (Senin; 23/02)

Suara Indrapura : Menjadi seorang anggota dewan ternyata tidak selalu enak. Buktinya, di masyarakat telah terbentuk pandangan jika seorang anggota dewan ‘dipastikan’ serba bisa. Karenanya, jika ada permasalahan di masyarakat pasti ‘larinya’ ke dewan. Hal ini ternyata dialami juga oleh Anggota DPRD Jatim, Hartoyo. Menurut politisi asal Partai Demokrat (PD) ini, banyak masyarakat yang datang ke rumahnya hanya masalah sepeleh. Mulai dari anaknya tidak diterima di sekolah negeri, di PHK hingga minta bantuan dana untuk beli tiket kereta api/bus hanya sekedar menengok keluarganya yang ada di daerah lain.

“Kadang-kadang saya tersenyum sendiri, ketika di masyarakat ada sebuah anekdot jika dewan itu serba bisa dalam mengatasi sebuh persoalan. Tak heran beberapa waktu lalu ada seorang laki-laki yang baru di PHK dari pekerjaannya dan mereka meminta saya mencarikan kerja. Berikut seorang ibu menangis dan minta kepada saya agar anaknya bisa sekolah negeri,” papar alumnus Universitas Wijaya Kusuma (UWK) Surabaya Fakultas Hukum ini dengan senyum lebar.

Tidak itu saja, baru-baru ini ada pria paruh baya yang dirinya tidak kenal dengan pakaian lusuh meminta dia untuk membantu membelikan tiket kereta api dengan alasan keluarganya yang ada diseberang sana sakit. “Eh ternyata tanpa disangka, pemuda tadi ketemu saya. Ketika saya tanyakan kenapa dia masih di Surabaya dan tidak segera berangkat ke orangtuanya, dengan nada malu dia menjawab tiket keretanya habis dan dia berjanji akan tetap berangkat,” paparnya.

Yang unik lagi, kebiasaan Hartoyo yang selalu membaur dengan masyarakat banyak yang tidak menyangka jika pria asli Surabaya ini adalah seorang pejabat yang duduk sebagai wakil rakyat. Hal ini terbongkar saat seorang istri temannya menonton salah satu stasiun televisi, ketika itu Hartoyo sedang melakukan dialog seputar persoalan di Jatim. “Ini kejadian sangat menarik. Dimana teman saya laki-laki tiba-tiba dipukul istrinya dari belakang dan mengatakan jika Pak Hartoyo yang selalu cangkruk di warung kopi adalah seorang petinggi. Tentu saja teman saya tersenyum melihat istrinya keheranan,” ungkapnya dengan tawa ngakak. Cty

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved