Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Prihatin Pendidikan di Madura

 
24 Februari 2015

DPRD Jatim Online (Selasa; 24/02)

Suara Indrapura : Masih banyaknya angka putus sekolah sekaligus rendahnya jumlah lulusan SLTA/SMK di Madura membuat Alyadi trenyuh. Ini tak lain karena selama ini pemerintah kurang memberikan perhatian terhadap pelaksanaan pendidikan di Pulau Garam ini. Khususnya untuk tenaga pengajar, di Madura sangat minim.

Namun sejalan dengan berjalannya waktu, pria asli Sampang ini mengaku sedikit terhibur dengan kebijakan Gubernur Jatim, Soekarwo yang memberikan bantuan untuk BOS Madin. Mengingat hampir 90 persen, pendidikan di Madura dilaksanakan di Pondok Pesantren (Ponpes). “Hal inilah yang membuat pendidikan di Madura tidak dapat berkembang pesat. Untuk itu selain diberikan bantuan BOS Madin, saya berharap pemerintah juga memberi tenaga pengajar yang professional sehingga pendidikan disini dapat sejajar dengan kota-kota lainnya di Jatim,” tambah pria yang juga Anggota DPRD Jatim.

Menurutnya, sebenarnya dirinya sudah berjuang saat duduk di Komisi C DPRD Kab. Sampang. Namun dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Pemkab. Sampang membuat pendidikan di Sampang tidak dapat berjalan optimal. Ini karena APBD Kab.Sampang yang hampir Rp2 triliun harus membiayai beberapa program pembangunan seperti pembangunan infrastruktur. “Karena beratnya beban yang harus dipikul Kab. Sampang, maka dari itu kami akan berjuang mendapatkan bantuan dari APBD Jatim untuk meningkatkan pendidikan disini,” tambahnya.

Tidak sampai disitu saja. Terkait pelayanan kesehatan di Madura juga jauh dari harapan. Tak heran banyak dari penduduk Pulau Garam ini berbondong-bodng ke Surabaya khususnya di RSUD Dr Soetomo untuk berobat. Hal ini dikarenakan pelayanan kesehatan di Madura kurang memadahi. Juga terkait tenaga medisnya juga sangat terbatas. “untuk itulah sudah saat Pemprov Jatim memikirkan masalah layanan kesehatan di Madura,” tegasnya dengan senyum tipis. cty

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved