Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Kartika Hidayati Pejuang Ekonomi Kerakyatan

 
10 Maret 2015

DPRD Jatim Online (Selasa; 10/03)

Suara Indrapura : Menjadi anggota DPRD Jawa Timur dua periode bagi Kartika Hidayati menjadi amanah mengawal kepentingan kerakyatan. Sehingga politisi dengan tiga anak ini, mengaku selalu siap mengawal kepentingan rakyat.

Duduk sebagai wakil rakyat Jawa Timur di periode ke dua ini, Kartika Hidayati mengaku berkosentrasi ikut berjuang mengawal ekonomi kerakyatan di wilayah Kabupaten Lamongan. Upaya Ketua Muslimat NU Kabupaten Lamongan ini, dengan mendirikan kelompok bersama (kobe) ekonomi kerakyatan di penjuru pelosok desa di kabupaten Lamongan.

“Saya saat ini, kosentrasi dan sedang mengumpulkan masyarakat dalam ekonomi lemah untuk bisa bangkit menata sumber daya mereka. Alhamdulillah, saat ini sudah berjalan walau masih masih sangat perlahan,” terang Kartika.

Kartika mengaku, di Kabupaten Lamongan dirinya mendata jumlah masyarakat miskin dan manula. Kosentrasi, memberdayakan masyarakat miskin dilakukan pada 400 lebih desa di 27 kecamatan dijadikan pilot projek.

“Sebab mereka ini, harus ada solusi dengan menyelesaikan persoalan kemiskinan. Data base yang ada, terdapat 10janda miskin, keluarga miskin, dan manula di setiap desa. Itu tercluster dan dibentuk dalam kelompok usaha bersama,” tegas dia.

Kartika mengakui, selama ini persoalan kemiskinan menjadi tanggungjawab negara. Dirinya sebagai wakil rakyat, mempunyai kewajiban ikut mengawal kepentingan kerakyatan dengan memfasilitasi kebutuhan memperdayakan rakyat miskin dengan bantuan APBD. “Minimal, masyarakat miskin mempunyai kemampuan sendiri untuk ikut meningkatkan ekonomi keluarga,” urainya.

Mengenai kelompok bersama yang sudah mempunyai kemampuan, mantan Ketua Perempuan PMII Jawa Timur ini, mengaku akan membuka peluang pasar dengan melibatkan peranan pemerintah. Untuk itu, Kartika bersiap diri dengan kemampuannya sebagai anggota DPRD Jatim merangkul perbank-an milik Pemerintah Propinsi Jawa Timur. “Ada BPR, Bank Jatim dan Bank Tani akan kita gandeng bersama untuk itu, mengawal kepentingan rakyat. Sehingga, niatan memperdayakan masyarakat miskin agar terentas dari kemiskinan bisa terselesaikan. Dan ini, menjadi tanggungjawab pemerintah,” tegasnya kembali.

Istri dari H Ali Hafidzi menandaskan, dirinya sangat terbantu karena peranan keluarga sangat mendukung dirinya sebagai wakil rakyat. “Alhamdulillah, apa yang saya lakukan sebagaiwakil rakyat, keluarga sangat mendukung,” tegas Kartika.

Upaya memperkuat ekonomi kerakyatan ini, Kartika beralasan agar keluarga lebih mampu mengawal kepentingan pendidikan dan perkembangan anak. Dirinya sangat khawatir dengan perkembangan psikologis generasi muda yang saat ini, terus terdegridasi karena kuatnya pengaruh negatif dari media.

Bahkan aksi pornografi, premanisme dan kenakalan remaja, menurut Kartika tidak lepas dari lemahnya kontrol masyarakat dan keluarga dalam mengawal generasi muda. (bintang)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved