Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Heri Prasetyo Sambut Baik Sikap Mendagri

 
10 Maret 2015

DPRD Jatim Online (Selasa; 10/03)

Suara Indrapura : Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo berjanji menanggapi keluhan anggota DPRD, seperti biaya perjalanan dinas kunjungan kerja hingga dana reses yang dikepres untuk ditambah. Dalam pidatonya di depan ketua-ketua DPRD Provinsi se-Indonesia dan anggota DPRD se Jawa Timur, Tjahjo Kumolo mengaku banyak disambati teman-temanya yang duduk di DPRD baik itu tingkat provinsi, kabupaten maupun kota. Kebanyakan mereka mengeluh soal kecilnya uang saku perjalanan dinas yang hanya cukup  untuk makan diwarung kaki lima. “Masak eksekutifnya nginep di hotel bintang lima tapi anggota DPRD nya makan diwarung kaki lima. Aturan keuangan ini akan kita kaji lagi,” kata Tjahjo.

Mantan sekjen DPP PDIP ini akan memanggil dan mengajak bicara Dirjen Keuangan Kemendagri serta Menteri Keuangan  untuk menambah intensif anggaran perjalanan dinas anggota DPRD selayak mungkin. Contohnya uang kedatangan, harus dihitung setara uang naik taksi dari dapil ke kantor DPRD. “Misalnya anggota DPRD Jatim Dapil Banyuwangi, ya ongkos taksinya lebih tinggi dari anggota  yang dapilnya dekat dengan kantor DPRD,” kata Tjahjo.

Tidak hanya itu, Mendagri juga berancang-ancang akan menambah  uang reses anggota DPRD hingga 2 kali lipat tergantung kondisi geografis dapil. Mendagri juga akan memperjuangkan keinginan pembuatan laporan SPJ reses. Di Jatim sendiri dana reses untuk anggota DPRD Provinsi Rp40 juta per anggota. “Saya sudah ketemu dengan kepala BPK RI, beliau sudah  saya ceritakan kondisi di daerah,” papar mantan anggota DPR RI ini.

Sementara itu Heri Prasetyo, anggota DPRD Jatim menyambut hangat sikap Mendagri untuk melakukan revisi keuangan anggota DPRD Jatim itu. Menurutnya, anggaran tidak perlu ditambah terlalu tinggi karena efisiensi anggaran juga penting. Hanya saja, supaya kinerja anggota DPRD jatim bisa lebih optimal  lagi seperti periode sebelumnya. (Nrl)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved