Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

24 Perda Inisitif Dewan Jatim Dikebiri Karena Tak Kunjung Diterbitkan Pergub

 
07 April 2015

24 Perda Inisitif Dewan Jatim Dikebiri

Karena Tak Kunjung Diterbitkan Pergub


Sebanyak 34 Peraturan Daerah (Perda) inisiatif DPRD Jawa Timur dalam satu dasawarsa terhitung sejak 2004-2014 dinilai mandul. Pasalnya, hingga saat ini tak kunjung diterbitkan Peraturan Gubernur (Pergub), sehingga Perda tersebut hanya menjadi macan kertas dan tak bisa maksimal dalam aplikasi di lapangan.

Pernyataan tersebut disampaikan ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Baperda) DPRD Jatim, Achmad Heri usai melakukan evaluasi terhadap Perda-Perda Jatim yang dinilai tidak aplikatif, Selasa (7/4).

"Total Perda yang perlu dievaluasi ada sebanyak 73 Perda. Sedangkan Perda yang belum memiliki Pergub sebanyak 34 Perda. Ironisnya, 24 Perda diantaranya merupakan Perda inisiatif DPRD Jatim," tegas politisi asal Partai NasDem.

Padahal sesuai mekanisme, kata Heri, Perda yang sudah disahkan oleh DPRD paling tidak 6 bulan kemudian sudah harus diterbitkan Pergub. Sebaliknya,Perda inisiatif eksekutif justru mendapat perlakuan berbeda. Bahkan Perda inisiatif eksekutif ada yang memiliki Pergub lebih dari satu.

"Patut diduga molornya Pergub itu akibat SKPD dan komisi yang membahas Perda tersebut kurang dalam melakukan pengawalan, sehingga Pergub tak kunjung diterbitkan," bebernya.

Menindaklanjuti temuan tersebut, Baperda DPRD Jatim berencana akan mendesak kepada Gubernur supaya segera menerbitkan Pergub. "Namun sebelum itu, kami akan mengembalikan terlebih dulu kepada komisi-komisi pembahas Perda, apakah nantinya direkomendasi supaya dicabut atau direvisi," dalih mantan wakil sekretaris PWNU Jatim ini.

Diantara Perda inisitif DPRD Jatim yang belum diterbitkan Pergub, kata Heri adalah Perda No.3 tahun 2008 tentang Perlindungan, Pemberdayaan Pasar Modern dan Penataan Pasar Tradisonal di Provinsi Jatim, Perda No. 15 tahun 2012 tentang penyelenggaraan koordinasi penyuluhan, Perda No.17 tahun 2012 tentang peningkatan rendemen dan hablur tanaman tebu.    

Kemudian Perda No.1 tahun 2014 tentang penyelenggaraan jalan berkeselamatan, Perda No.2 tahun 2014 tentang perlindungan anak, Perda No.6 tahun 2014 tentang pengendalian dan pengawasan minuman beralkohol, Perda No.7 tahun 2014 tentang tenaga kesehatan.  (Siti).

 

 

 

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved