Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Fraksi PAN Sektor Pertanian

 
08 April 2015

Fraksi PAN

Sektor  Pertanian

 

LKPJ Gubernur mengenai sektor pertanian dalam konteks pertumbuhan dan kontribusinya dalam struktur ekonomi Jawa Timur, masih jauh dari penjelasan mengenai problematik dalam sektor pertanian itu sendiri. Setidaknya tidak ada gambaran yang memadai bagaimana strategi dan implementasinya atas permasalahan yang selama ini dihadapi oleh petani garam dan petani tebu yang selalu dihadapkan pada persoalan standar produk. Misalnya garam produk petani kita selalu dihadapkan pada persoalan standar kandungan natrium klorida (NaCl) baik untuk konsumsi atau kebutuhan industri.

 

Suli Daim anggota Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) mengatakan, petani tebu yang selalu berkutat memenuhi standar rendeman. “FPAN meminta penjelasan Saudara Gubernur terhadap kondisi demikian dan tindakan nyata yang telah dilakukan pemerintah,” terang dia.


        Sejalan dengan itu mengenai sektor pertanian, Fraksi PAN mempunyai penilaian bahwa pertumbuhan sektor pertanian yang rendah juga mempunyai korelasi dengan kinerja SKPD yang membidangi pertanian. LKPJ Gubernur akhir tahun anggaran 2014, tabel 3.14 mengkonfirmasi kinerja yang diukur dari target dan realisasi belanja daerah, menempatkan Dinas Pertanian dan Dinas Peternakan sebagai SKPD yang realiasasi atas target tergolong rendah dibanding SKPD lainnya. Dinas Pertanian capaiannya 86,09 % sedangan Dinas Perkebunan lebih rendah, yakni 79,06 %. (Hidayat)

 

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved