Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pansus LKPj Ingatkan BUMD

 
15 April 2015

Pansus LKPj Ingatkan BUMD

 

 

Panitia khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggungjawab (LKPj) Gubernur Jawa Timur tahun 2014 mengigatkan kinerja pengelolaan BUMD plat merah milik Pemprov Jatim. Pasalnya, dalam nota penjelasan Gubernur Jawa Timur terhadap pelaksanaan APBD Jawa Timur tahun 2014, hal itu tidak disinggung sama sekali.

"Kinerja pengelolaan BUMD milik Provinsi Jawa Timur tak dijelaskan dalam nota penjelasan. Padahal, BUMD merupakan bagian dari strategi peningkatan PAD. Pansus berharap ini juga dijelaskan secara rinci dan gamblang agar performance BUMD ke depan menjadi lebih baik, " ujar anggota Pansus LKPj Gubernur Jawa Timur tahun 2014, Irwan Setiawan saat dikonfirmasi Rabu (15/4) kemarin.

Lebih jauh anggota Komisi C DPRD Jawa Timur ini berharap agar BUMD-BUMD milik Pemprov Jatim bisa lebih optimal kinerja dan kontribusinya bagi PAD. Diantara upaya yang perlu dilaksanakan yakni melakukan penggabungan (merger/holding) BUMD-BUMD yang tak produktif atau mengganti direktur BUMD dengan orang yang lebih profesional. "Kami berharap isu strategis ini jadi perhatian serius bagi eksekutif, " ujar politisi asal FPKS DPRD Jawa Timur.

Diakui Irwan, dari pernyertaan modal APBD Jatim untuk 12 BUMD, baru ada empat BUMD yang sudah BEP (Break Even Point) atau kembali modal bahkan sudah untung, yakni BPD Jatim, PDAB, SIER dan Askrida. Sedangkan depalan BUMD lainnya, belum jelas, target penyertaaan modal kapan bisa BEP. 

"Kami juga berharap pemerintah pusat segera keluarkan PP (Peraturan Pemerintah) terkait UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, khususnya terkait pengelolaan BUMD yakni mengenai indikator BUMD untuk core sosial dan core bisnis itu seperti apa, agar DPRD lebih jelas dalam memberikan penilaian," beber Irwan Setiawan. 

Sementara itu, ketua Pansus LKPj Gubernur Jatim, Hj, Aida Fitriati menambahkan bahwa Pansus LKPj belum hearing dengan SKPD yang membidangi masalah perekonomian khususnya BUMD. "Mungkin kalau kita dengar pendapat dengan SKPD bidang perekonomian, permasalahan BUMD Jatim akan ditanyakan, karena ke depan kita berharap BUMD bisa jadi tulang punggung PAD," pungkas Aida. (Hidayat)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved