Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pandangan Fraksi Kritisi LKPJ Gubernur Tingkatkan Daya Saing, Kawal Kepentingan Rakyat

 
09 April 2015

Pandangan Fraksi Kritisi LKPJ Gubernur

Tingkatkan Daya Saing, Kawal Kepentingan Rakyat

 

Sembilan Fraksi DPRD Jatim mendesak Pemprov Jatim mampu mengawal kepentingan rakyat menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). untuk itu, Lembaga Legislativ ini, berharap kepada Jatim yang berada pada tahapan pematangan diri meningkatkan daya saing dalam mengatasi semua persoalan publik, terutama mensikapi kebijakan mengenai turun naiknya  harga Beras, Jagung, Kedelai, Gula, Minyak Goreng, maupun BBM dengan segala implikasinya.

Drs. H. Ahmad Iskandar, M.Si, Pimpinan Sidang Paripurna seputar Pandangan Akhir  (PA) Fraksi-Fraksi DPRD jatim mengatakan kreatifitas warga Jawa Timur mampu mengendalikan diri dalam penggunaan BBM maupun gas dan terus bergulat dengan semangat kerja keras, patut diapresiasikan sebagai bagian dari solusi. ”Maka Pemprov Jatim secara Substansif telah memberikan ruang inovasi atau discovery untuk kebaikan Jawa timur, sehingga kita layak optimis membangun Jawa timur digerbang MEA 2015”terang Ahmad Iskandar

Wakil Ketua DPRD Jatim ini, juga mendesak Gubernur berkomitmen memasuki pasar ASEAN dalam menghadapi persaingan global. Oleh karenanya, DPRD Jatim mendorong pemprov jatim memberikan refrensi pembuat kebijakan maupun pelaku usaha dalam mempersiapkan diri dalam dunia yang sangat kompetitif di area pergaulan masyarakat ASEAN. ”Pada pasar bebas negara-negara ASEAN yang akan direalisasikan dalam masyarakat ekonomi ASEAN akhir tahun 2015 mendatang yaitu meliputi 5 hal, antara lain arus bebas barang, arus bebas jasa, arus bebas investasi, arus bebas modal dan arus  bebas tenaga kerja terampil. melihat kemajuan perekonomian daerah yang semakin  membaik, kami yakin dan optimis masyarakat jatim mampu menembusnya.”ujar Dia.

Lanjut Ahmad Iskandar, Rapat Paripurna menjadi penting artinya bagi penyelenggaraan pemerintahan Provinsi Jawa Timur di Gerbang MEA 2015”karena menyangkut kinerja saudara Gubernur yang dituangkan dalam LKPJ Gubernur Akhir Tahun Anggaran 2014”urainya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Jatim dari Fraksi Partai Golkar, Seonarjo mengatakan dokumen pelaksanaan APBD 2014 telah disepakati dan ditetapkan bersama pemerintah daerah DPRD. Dengan demikian program-program utama dan kebijakan strategis yang dijabarkan dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) telah menjadi komitmen bersama.

Mengenai tercapainya target 5 indikator  kinerja utama,lanjut Soenarjo kinerja Gubernur jatim hampir semuanya   telah memenuhi target yang ditentukan, baik dalam APBD bahkan juga Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Termasuk hal penting  yang patut dicatat dalam penanggulangan kemiskinan adalah program pemberdayaan masyarakat Khusus Rumah Tangga Miskin (RTM), disamping juga kegiatan penanggulangan feminisme kemiskinan bagi rumah tangga perempuan, serta program jalinmantra bantuan rumah tangga sangat miskin melalui kelompok masyarakat. (Nurul).

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved