Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pansus LKPJ Selidiki Kinerja SKPD

 
13 April 2015

Pansus LKPJ Selidiki Kinerja SKPD

Kinerja Gubernur Jatim, Soekarwo ternyata tidak diikuti kinerja yang  bagus  oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup Pemprov Jatim. Hal tersebut tertuang dalam Laporan Keternagan Pertanggungjawaban (LKPJ) 2014 yang kini dinilai oleh Panitian Khusus (Pansus) LKPJ Gubernur 2014 di DPRD Jawa Timur. Anggota Pansus  LKPJ Gubernur , Irwan Setiawan mengatakan  akan mencari beberapa faktor penyebab dari kinerja Gubernur  yang  menurun. jika itu terjadi pada pimpinan SKPD, maka DPRD dapat memberikan rekomendasi kepada Gubernur untuk melakukan mutasi jabatan kepada kepala dinas atau kepala badan eselon II.

Dikatakan Irwan Setiawan, kinerja pemprov Jatim 2014 menjadi penting karena merupakan tahun terakhir dari tahapan RPJMD tahun 2009-2014 yang akan  menentukan tahapan RPJMD  berikutnya yaitu 2015-2020. oleh karena itu,keberhasilan tidak sekedar diukur dari ketercapaian target-target yang telah ditetapkan. tetapi seberapa besar dan wajarkah kenaikan tersebut bila dibandingkan dengan besarnya anggaran yang digunakan. dengan dampak yang dihasilkan serta dibandingkan dengan kenaikan yang dicapai.

 Ditambahkan, dalam kaitanya dengan indicator tingkat efesiensi atau kehematan penggunaan sumber daya, jika ada anggaran yang tidak terpakai harus didalami apakah karena memang ada efesiensi ataukah karena alokasi anggaran tersebut melebihi kebutuhan yang sesungguhnya. sedangkan kaitanya dengan indicator tingkat efesiensi  program  atau kegiatan dilakukan dengan cara menghitung seberapa besar  manfaat dari keluaran atau output yang dihasilkan dari pelaksanaan program atau kegiatan dalam memecahkan persoalan yang mendasar.

”Selain pendekatan diatas digunakan juga dua pendekatan yang lain yaitu pendekatan kelembagaan dan pendekatan urusan kewenangan daerah. dalam tinjauan pendekatan kelembagaan perlu didalami SKPD mana saja yang diidentifikasikan kinerjanya baik dan mana saja yang buruk.”lanjutnya.

Sehingga bisa ditarik kesimpulan apa rendahnya kinerja SKPD itu kurangnya anggaran ataukah karena pimpinan SKPD  yang kurang mampu mengelola. Jika disebabkan karena pimpinan SKPD maka DPRD dapat memberikan rekomendasi  kepada kepala daerah untuk melakukan mutasi jabatan.” Gubernur kita harapkan tegas dan tidak sungguh-sungguh  mencopot kepala SKPD yang malas dan terbukti kinerjanya buruk”Ujar Irwan.

Menurut pria yang juga Sekretaris Fraksi PKS Jatim ini jika pada kondisi 2014 pertumbuhan ekonomi Jatim terus mengalami pelambatan. pada tahun 2013 kinerja pertumbuhan ekonomi Jawa Timur hanya mampu mencapai 6,55 %, s

Sementara kinerja pertumbuhan ekonomi Jawa Timur pada tahun 2014 hanya mampu mencapai 6,06%. padahal pada pertumbuhan ekonomi Jatim mencapai angka  6,68% pada tahuan 2010, 7,22% pada tahun 2011, dan kemudian menjadi 7,27 pada tahun 2012.

Kedua, semakin menurunnya jumlah orang yang bekerja pada tahun 2014 yang hanya 19.306.000 orang jika dibandingkan dengan tahun 2013 yang mencapai 19.553,000. orang. hal ini berarti ada 247 ribu orang yang kehilangan lapangan pekerjaan. ketiga, jumlah penduduk miskin masih menduduki posisi  tertinggi di Indonesia  yaitu mencapai walaupun pada tahun 2014 pemerintah provinsi berhasil mengentaskan 99.740 orang dari kemiskinan

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved