Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Pansus LKPJ Tentang Nilai Program Pemprov Jatim Boros Anggaran

 
30 April 2015

Pansus  LKPJ Tentang Nilai Program Pemprov Jatim Boros Anggaran


Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Gubernur Jatim 2014 menilai banyak program-program Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) boros anggaran, karena program-program tersebut tumpang tindih antar dinas dan tidak tepat sasaran.

"Dana APBD jatim 2014 nampaknya banyak tersedot untuk pelaksanaan program di beberapa SKPD yang tidak tepat sasaran. Seharusnya ada pengawasan agar program-program tersebut saling tumpang tindih," ungkap Ketua Pansus LKPJ gubernur Jatim 2014, Aida Fitriani, saat ditemui di DPRD Jatim, Kamis (30/4)

Anggota Komisi B DPRD Jatim ini mencontohkan program yang tumpah tindih. Salah satunya adalah program Badan Pemberdayaan Perempuan Jatim dengan Dinas Koperasi dan UMKM Jatim. Di Badan Pemberdayaan Perempuan tersebut mempunyai program pengaruh kesetaraan gender. Namun program tersebut hampir di semua SKPD ada.

"Di Dinas Koperasi juga memiliki program kesetaraan gender melalui program koperasi wanita. Programnya sama, targetnya juga sama. Seharusnya yang dibidik dari program tersebut harus berbeda,sehingga tepat sasaran," terangnya.

Program lainnya yang tumpang tindih adalah program karang taruna. Program karang taruna tersebut dijalankan oleh Dinas Pemuda dan Olah raga (Dispora) dan Dinas Koperasi.Kedua SKPD tersebut sama-sama membidik pemuda-pemudi di kabupaten/kota.

Agar anggaran dapat efektif dan tepat sasaran, Pansus merekomendasikan agar SKPD melakukan sinergitas dengan SKPD lainnya mulai perencanaan sampai realisasi program. Sebelum pembuatan perencanaan, SKPD harus dapat mengukur tingkat capaian.

"Kita tidak mempermasalahkan programnya sama, tetapi bidang yang akan dibidik harus berbeda.Sehingga dapat efektif, efisien dan tepat sasaran," tegas Ketua Muslimat Pasuruan ini. (Adi).

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved