Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Fraksi PDI P Upaya Pengetesan Kemiskinan

 
08 Juni 2015

Fraksi PDI P Upaya Pengetesan Kemiskinan

Usulan perubahan Perda, Fraksi PDI P mendesak agar rancangan Perda sebesar – besarnya dapat menjawab akar permasalahan pedesaan, khususnya pengentasan kemiskinan. Perpol bergambar Kepala Banteng dengan moncong putih ini mendesak Perubahan Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan benar- benar memihak kepentingan rakyat.

Anggota Fraksi PDI P, Agatha Retnosari, ST mengatakan sejauh ini, masih banyak persoalan yang melanda di pedesaan, salah satunya adalah masalah kemiskinan. Sebagaimana  data BPS Jatim, pada bulan Maret 2014 menunjukan bahwa 15,92 persen atau 3,21 juta penduduk desa masih terbelit masalah kemiskinan.”jumlah penduduk miskin akan semakin besar, jika menggunakan catatan DAK -2 (Data Agregat Kependudukan per Kecamatan ). Karena penduduk di Jatim telah tercatat lebih dari 41 juta jiwa,”terang Agatha.

Lanjut Agatha, di daerah Kota atau Kelurahan, jumlah penduduk miskin mencapai 8,3 persen atau 1,53 juta jiwa.” Jika digabung antara desa dan kota, jumlah penduduk miskin bisa mencapai 12,28 persen atau 4,74 juta penduduk miskin. Angka ini jelas – jelas di atas angka kemiskinan nasional.”tutur dia.(Nurul).

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved