Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Fraksi PKS, Jadikan Masyarakat Desa Berdaya

 
08 Juni 2015

Fraksi PKS, Jadikan Masyarakat Desa Berdaya

Konsekuensi logis adanya perubahan perundang-undangan akan mempengaruhi peraturan dibawahnya. Agar tidak terjadi benturan, maka ketentuan peraturan di bawah harus mengikuti dan segaris dengan ketentuan Undang – Undang maupun Peraturan Pemerintah. Termasuk usulan Perubahan Perda Nomor 13/2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan.

Dikatakan Ir. Yusuf Rohana, Ketua Fraksi PKS DPRD Jatim, Perda berusaha untuk menyesuaikan norma yang releven. Salah satunya dengan usulan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Dimana spirit UU adalah menjadikan masyarakat Desa maupun masyarakat Kelurahan menjadi berdaya, baik secara sosial maupun ekonomi.” Sebab, pemberdayaan di yakini dapat  menjadi solusi komprehensif dalam menjawab dan mengatasi persoalan krusial masyarakat Desa atau masyarakat Kelurahan. Karena jumlah masyarakat miskin di Pedesaan maupun Kelurahan masih cukup banyak dan mereka perlu diberdayakan,”tandas dia.

Lanjut Yusuf Rohana, sudah seharusnya semua pihak mendorong agar desa sebagai bagian pemerintah daerah yang memiliki peranan penting dalam pembangunan.”Karena itu, pemerintah pusat dan daerah harus mendorong dan memperkuat internal desa auntuk pembangunan,”kata Yusuf.

Anggota DPRD Jatim dua periode ini, menandaskan upaya penguatan internal Desa harus didorong untuk penguatan kapasitas pembangunan Desa, kemampuan menyusun perencanaan dan kemampuan mengelola keuangan daerah.”Keberadaan Alokasi Dana Desa (ADD), diharapkan menjadi salah satu motor peningkatan kualitas partisipasi dan kemandirian masyarakat desa dalam pembangunan.(Eko P).

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved