Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Lima Komisi Laporan Hasil Reses 2015

 
15 Juni 2015

Lima Komisi Laporan Hasil Reses 2015

Kegiatan reses DPRD Jatim Masa Jabatan 2014 - 2019 dimanfaatkan Anggota Dewan menyerap aspirasi konstituen. Kegiatan reses dilakukan, agar usulan pembangunan bisa optimal dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Penegasan ini, disampaikan Ketua DPRD Jatim, H. Abdul Halim Iskandar dalam Laporan Komisi terhadap tindak lanjut hasil kegiatan reses I tahun 2015.

 H. Abdul Halim Iskandar  yang juga Ketua DPW PKB Jatim ini, menegaskan kegiatan reses menjadi salah satu ajang curhat masyarakat terkait tidak optimalnya kebijakan pemerintah dibawah. “Dalam reses banyak mendapat masukan dan informasi dari masyarakat, baik yang bentuknya temuan, usulan  maupun saran yang berkaitan dengan kebijakan,” terang H. Abdul Halim Iskandar.

DPRD Jatim yang memiliki fungsi pengawasan, mempunyai peran penting dalam setiap agenda reses. Diantara untuk memantau program pembangunan dan kemasyarakatan yang berasal dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jatim maupun Kabupaten/Kota. Dari sejumlah temuan atau masukan yang didapat, DPRD Jatim menindaklanjuti untuk bisa
disampaikan dalam setiap komisi sesuai dengan fungsi dan tugasnya.

“Masukan dari kegiatan itu, masuk dalam sejumlah agenda di lima Komisi, sesuai dengan bidang dan fungsi Komisi. Untuk itu, masukan ini disampaikan dalam Sidang Paripurna untuk diditindak lanjuti eksekutif,” ujar dia.

Sementara itu, H.Tjutjuk Sunario Wakil Ketua DPRD Jatim menyampaikan hasil masukan reses secara subtansial diharapkan ada upaya kongkrit dari penyelenggara pemerintahan, agar ada peningkatan taraf hidup masyarakat yang lebih baik dalam pemenuhan hak-hak dasar rakyat.

Oleh karenannya, tuntan  tersebut harus mendapat perhatian serius serta tindak lanjut nyata dari eksekutif maupun legislatif dengan melakukan penanganan secara optimal. “Sudah barang tentu sesuai dengan tugas, fungsi dan tanggungjawab masing-masing institusi melalui
kebijakan politik anggaran dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan,” kata H. Tjutjuk Sunario.

Politisi Partai Gerindra ini, juga menegaskan hasil reses I tahun 2015 yang direkomendasikan pada masing-masing Komisi, diharapkan mampu membedah sejumlah kebutuhan masyarakat yang selama ini, masih terganggu. “Pelaksanaan reses menjadi sangat penting, meskipun didalam pertemuan atau hearing dengan Dinas maupun Instansi  telah diperoleh informasi dan data, namun kegiatan reses banyak ditemukan hasil atau program pembangunan yang belum berjalan optimal di masyarakat. Temuan ini, menjadi evaluasi bersama sehingga mendapat perhatian lebih serius dari pemerintah,” urai dia. (Hidayat)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved