Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Fraksi PDIP, Nawacita Presiden Jokowi

 
19 Juni 2015

Fraksi PDIP, Nawacita Presiden Jokowi


Anggota Fraksi PDI P Jatim, Giyanto saat Paripurna di DPRD Jatim, mengatakan Fraksi PDI P Jatim menyetujui Raperda Perlindungan Petani ini menjadi Perda. “Karena Perda ini sejalan dengan semangat nawacita Presiden RI Joko Widodo yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia  Indonesia melalui reformasi agraria 9 juta hektar untuk rakyat tani dan buruh tani,” terang Giyanto.

Lebih lanjut Giyanto menambahkan,  usulan Raperda tentang Perlindungan Petani juga sejalan dengan nawacita ke tujuh, yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik, melalui perwujudan kedaulatan pangan. Sementara untuk pelaksanaan Perda ini nanti pihaknya meminta agar yang dibantu ini adalah petani yang mendapat prioritas memanfaatkan lahan harus dihindari adalah petani kaya saja dengan memanfaatkan fasilitas daerah dengan cara membeli.

“Oleh karena itu pihaknya merekomendasi kepada pemerintah untuk bekerjasama dengan Perguruan Tinggi yang memiliki tanah milik daerah, harus benar – benar petani yang telah terlatih dengan program pemulihan tanah dan pemulihan tanaman, bukan atau yang program studi kepertanian, serta tokoh-tokoh intelektual seperti guru besar yang memiliki penemuan bermanfaat bagi usaha kepertanian,”ujarnya.

Ia menambahkan, perbaikan pada Perda Perlindungan Petani yaitu, meliputi kesiapan menghadapi bencana yakni asuransi pertanian, sehingga petani dapat terhindar dari kerugian akibat cuaca ekstrem.

Dan juga pihaknya berharap adanya pengawasan dalam pelaksanaa perda tersebut. “Kami juga minta pemerintah provinsi juga memberikan fasilitas berupa mesin selip kepada kelompok tani,”ujarnya. (Fadly)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved