Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Fraksi PAN Perkuat Akses Petani

 
19 Juni 2015

Fraksi PAN Perkuat Akses Petani
 

Fraksi PAN DPRD Jatim mengkritisi pembiayaan bagi petani harus didorong Pemprov Jatim dan lembaga dewan melalui politik anggaran. Dimana penyertaan modal Rp 200 miliar pada PT BPR Jatim untuk bisa direalisasikan untuk kepentingan petani, harusnya tidak ada halangan akses bagi petani, karena Pemerintah Provinsi Jatim dan DPRD Jatim sudah menyediakan penyertaan modal untuk kepentingan petani.

Agus Maimun anggota F PAN menyampaikan, adanya kekhawatiran akses permodalan bagi petani melalui perbankkan hanya bisa dilakukan pada petani kaya dan memiliki akses. Sementara petani dengan kondisi kekurangan akses, masih kesulitan mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui perbankkan.

“Kami khawatir akses pembiayaan ternyata tidak terjangkau petani penyewa, petani pengarap atau petani gurem. Sebaliknya akses perbankkan hanya bisa diakses oleh petani berdasi dan petani bersepatu,” terang Agus Maimun.

Untuk itu, PAN Jatim mendorong Pemprov Jatim melalui BPR Jatim membuat kreteria perbankkan yang inklusif dan memberikan aksesibilitas luas bagi 46% penghuni sektor pertanian di Jatim. “Pada sisi lain, pemerintah harus mendorong petani untuk tergabung dalam kelompok tani dan BUM Petani, sebagai salah satu strategi memperoleh modal dan akses pembiayaan perbankkan,” ujar dia. (Fadly)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved