Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Perkuat Daerah dan Pusat

 
03 Agustus 2015

Perkuat Daerah dan Pusat

 

Terpisah, Muhammad Sirot Sekretaris DPW PKS Jatim mendesak Pemprov Jatim untuk memperkuat koordinasi dan evaluasi dengan pemerintah pusat, terkait penurunan dana perimbangan pusat-daerah. “Kondisi tersebut, jelas melemahkan perekonomian di Jatim,” terang Muhammad Sirot.

 

Muhammad Sirot menegaskan pelemahan ekonomi sudah tampak jelas. Pada triwulan I  Tahun 2015, perekonomian nasional hanya tumbuh 4,17 persen. Pada triwulan I Tahun tahun 2004, pertumbuhan mencapai 5,14 persen. “Ini menandakan perekonomian Nasional mengalami perlambatan pada triwulan pertama tahun 2015. Gejala yang sama juga terjadi di Jatim, pada triwulan pertama tahun 2015, ekonomi Jatim tumbuh 5,18 persen. Padahal pada untuk triwulan yang sama di tahun 2014, perekonomian Jatim tumbuh 5,86 persen. Kondisi ini, jelas bahwa pelemahan perekonomian Nasional diikuti pelemahan perekonomian di Jawa Timur,” tegas dia.

 

Untuk itu, Muhammad Sirot mendesak agar pemprop terus mengawal kebutuhan rakyat, seperti memberikan solusi untuk menampung tingginya pengangguran. Sebab, banyak dugaan tingginya pengangguran, karena lapangan kerja yang tersedia belum mampu menampung tingginya angkatan kerja.

 

Tingkat kemiskinan, FPKS menilai upaya Pemprov Jatim menurunkan angka kemiskinan menunjukkan kecenderungan berhasil. Namun, menjadi anomali, pada sisi yang lain pada tahun 2014 dan kwartal tahun 2015 pertumbuhan perekonomian mengalami perlambatan. “Untuk itu, FPKS mendorong Pemprov mengoptimalkan daya serap anggaran dan produktif ,” tandas dia. (Hidayat).

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved