Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Fraksi Gerindra Tingkatkan Potensi Ekonomi

 
11 Agustus 2015

Fraksi Gerindra Tingkatkan Potensi Ekonomi

Masih di tempat yang sama, juru bicara Fraksi Partai Gerindra, H. M. Noer Soetjipto merekomendasikan agar Pemprov lebih mengintensifkan kegiatan khusus validasi database sektoral secara kewilayahan maupun potensi keekonomian yang menunjang program penggalian sumber-sumber pembiayaan pembangunan.

Dalam pandangan akhir Fraksi Gerindra mempertegas laju pertumbuhan ekonomi Jawa Timur selama triwulan pertama, karena terdapat kenaikan harga berbagai kebutuhan sehingga menakan daya beli masyarakat. “Kenaikan harga karena dipicu kekurangan atau kelangkaan barang yang tersedia di masyarakat. Karena struktur ekonomi Jatim didominasi sektor pertanian, kehutanan dan perikanan. Maka Pemprov harus memperkuat struktur ekonomi dengan berbasis kedaulatan pangan,” terang dia. 

Sementara itu juru bicara Fraksi PAN DPRD Jatim, Salahudin memberikan catatan bahwa meskipun capaian pendapatan dari BUMD terhadap APBD melebihi target, namun sebenarnya kontribusinya sangat kecil dibandingkan dengan nilai penyertaan modal permanen pada BUMD.

Karena itu, optimalisasi peran dan kontribusi serta pengelolaan BUMD agar dapat berperan aktif dalam menjalankan tupoksinya maupun sebagai kekuatan yang dapat memberikan sumbangsih PAD. "Akumulasi PAD yang diberikan BUMD-BUMD milik Pemprov Jatim hanya sebesar Rp.351.541.957.596,28," jelas Salahudin.

Keberadaan BUMD tidak semata-mata pada output atau hasil deviden yang disetorkan ke Kasda sebagai PAD semata tetapi lebih pada manfaat BUMD berdasarkan peranan kepada pembangunan Jatim dan peran multi player effect adanya BUMD. (Hidayat)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved