Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Gatot Sutantra Usulkan Pilkada Dipilih lewat RT/RW

 
27 Agustus 2015

Gatot Sutantra Usulkan Pilkada Dipilih lewat RT/RW

Guna menghemat anggaran dalam pemilihan Kepala Daerah, baik Bupati atau Wali Kota, Anggota DPRD Jatim, Gatot Sutantra mengusulkan agar pemilihannya melalui RT, RW dan Lembaga Ketahanan Masyarakat Kelurahan (LKMK).

Menurut Gatot, pemilihan melalui RT, RW, dan LKMK tentunya Pemerintah dapat menghemat biaya banyak. KPU tidak harus melakukan tender pengadaan kertas suara banyak yang disesuaikan dengan jumlah penduduk. "Kalau di Surabaya, jumlah penduduknya yang memiliki hak suara sekitar 3 juta lebih, maka itu akan memboroskan anggaran untuk pengadaan kertas suara," paparnya.

Ketua LKMK Keputih Surabaya ini, jika pemilihan tidak lagi melalui tangan rakyat, maka KPU hanya melakukan pengadaan 6000 kertas suara untuk seluruh RT, RW, dan LKMK se-Surabaya. Suara-suara masyarakat terhadap calon walikota atau bupati akan diaspirasikan kepada RT setempat. Selanjutnya suara dari beberapa RT tersebut disampaikan kepada RW dan diteruskan ke LKMK.

Anggota Komisi C DPRD Jatim ini menilai pemillihan lewat RT, RW dan LKMK lebih efektif daripada pemilihan lewat DPRD. Karena pemilihan DPRD belum tentu bisa mencangkup seluruh aspirasi hingga tingkat bawah. "Kalau melalui DPRD kan belum tentu efektif menampung seluruh aspirasi masyarakat. Kalau lewat RT, RW dan LKMK bisa menampung aspirasi warga terhadap calon pemimpin yang  akan dipilih," katanya.

Disisi lain, jika pemilihan tidak melalui DPRD atau rakyat, maka akan menumbuhkan semangat bagi masyarakat untuk menjadi ketua RT, RW, atau LKMK. Dimana sebelumnya masyarakat enggan menjadi ketua, maka nantinya posisi tersebut akan menjadi perebutan.

Tekait belum adanya regulasi yang mengatur pemilihan lewat perangkat masyarakat tersebut, maka Gatot akan memperjuangkan melalui jalur politik. Pihaknya akan menyuarakan usulan tersebut kepada kader Hanura yang duduk di DPR RI. "Aturannya belum ada. Memang harus merubah Undang-Undang. Dulu pemilihan lewat DPRD, terus lewat rakyat. Maka akan kita perjuangkan agar pemilihan calon Kepala Daerah melalui RT, RW, dan LKMK," tegas politisi asal partai Hanura ini.(Adi)

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved