Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

PKB Ingatan KPU Surabaya agar Tak Tabrak Aturan

 
02 September 2015

PKB Ingatan KPU Surabaya agar Tak Tabrak Aturan

DPW PKB Jatim mengingat KPUD Kota Surabaya tidak menabrak aturan dengan memaksakan pasangan calon Walikota dan calon Wakil Walikota melalui perpanjangan waktu. Hal ini, bagi para anggota partai politik bergambar bumi dengan sembilan bintang ini menimbulkan tanda tanya besar. Karena dalam aturan tidak ada tambahan waktu perpanjangan pendaftaran pasca penetapan calon.

Ketua DPW PKB Jatim H. Abdul Halim Iskandar menyampaikan, sejak awal sudah terlihat banyak proses yang dilakukan KPUD Surabaya telah menabrak aturan yang ada. Mulai tambahan perpanjangan pendaftaran hingga 2 kali, tahap verifikasi yang ditutup-tutupi sampai akhirnya sekarang KPUD kembali menetapkan perpanjangan waktu pasca penetapan calon. “Tidak seharusnya KPU menabrak aturan demi Pilwali Surabaya tetap terselenggara pada Desember nanti,” terang Abdul Halim Iskandar.

Ketua DPRD Jatim ini menegaskan sudah seharusnya KPU tetap berpedoman pada azas pemilu yaitu langsung, umum, bebas dan rahasia. “Bukan malah menutup-nutupi proses yang dilakukan dan menabrak sejumlah aturan demi Pilwali Surabaya tetap berlangsung pada Desember nanti,” tegas dia.

Abdul Halim Iskandar mengatakan, jika dalam prosesnya banyak persyaratan yang tidak sesuai, harusnya penyelenggara pemilu bersikap tegas dengan menyampaikan tidak memenuhi syarat dan pemilu ditunda 2017, tidak lantas harus menabrak berbagai aturan demi kepentingan pihak tertentu. “Jika KPU terus memaksakan kehendak dan berjalan tidak sesuai aturan, Pilwali Surabaya akan rawan gugatan, kerena prosesnya sudah tidak benar dan ini mencederai demokrasi,” tuturnya.(Eko P).

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved