Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
Beranda   Kontak   RSS Feed   Email    
---- Website Resmi DPRD Provinsi Jawa Timur ----

Waktu Mepet, Pembahasan APBD 2016, Dikhawatirkan Kurang Fokus

 
04 September 2015

Waktu Mepet, Pembahasan APBD 2016, Dikhawatirkan Kurang Fokus

Pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jatim 2016 dikhawatirkan dilakukan secara asal-asalan. Ini karena mepetnya waktu  yang disediakan untuk pembahasan. Dikhawatirkan program yang akan diajukan SKPD di Pemprov Jatim tidak dibahas tuntas dan detail.” Harusnya pembahasan APBD itu disediakan waktu dua bulan lebih, itu setelah KUA- PPAS ( Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara) sudah diserahkan oleh Gubernur. Sehingga pembahasan secara detail program-program yang diajukan SKPD bisa dibahas secara detail, apalagi anggaran yang dibahas 20 triliun rupiah,”ungkap Ketua Fraksi Nasdem, Muzammil Syafi’i.

Menurut Muzammill, dengan waktu dua bulan lebih membuat anggota dewan punya waktu yang cukup termasuk melakukan klarifikasi di lapangan. Namun dengan alokasi waktu yang sudah tinggal dua bulan, sedang Pemprov sampai saat  ini belum menyerahkan KUA-PPAS. Dinyakini Pembahasan APBD hanya sebatas formalitas saja.” Sebagai mantan Pimpinan di Kabupaten, saya tahu memang sulit menetukan Prioritas Anggaran, sebab semua SKPD pasti merasa programnya sangat penting harus mendapat prioritas. Sehingga sulit untuk mengurangi hak-hak anggaran SKPD,”kata Mantan Wabub dan Ketua DPRD Pasuruan itu.

Dia khawatir dengan minimnya waktu pembahasan APBD 2016 akan mengabaikan proses secara tuntas, detail dan komprehensif. Sebab hanya mengejar waktu dan upaya mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat.” Kalau mengejar didok tanggal 10 November, ya pasti pembahasanya terburu-buru,”katanya.(Eko P).

Foto Galeri

© 2013 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Timur. All Rights Reserved